Comscore Tracker

Pencuri Mobil Dinas Bupati Bojonegoro Divonis 2,6 Tahun Penjara

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa

Bojonegoro, IDN Times - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro akhirnya memvonis FR (23) terdakwa kasus pencurian mobil dinas Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dengan penjara selama 2,6 tahun.

Vonis terhadap terdakwa sendiri dibacakan langsung oleh Ketua majelis hakim Nalfrijhon, yang didampingi dua hakim anggota Ida Zulfamazidah dan Hario Purwo Hantoro, pada Kamis (11/8/2022), kemarin. 

1. Terdakwa terbukti melanggar Pasal 362 KUHP tentang pencurian

Pencuri Mobil Dinas Bupati Bojonegoro Divonis 2,6 Tahun PenjaraFR Terdakwa pencuri mobil dinas Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah divonis 2,5 tahun penjara. Dok Istimewa

Nalfrijhon menyebut, berdasarkan fakta di persidangan terdakwa FR terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencurian mobil dinas Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah di Jalan Mastumapel, Bojonegoro, pada Kamis (21/4/2022), lalu. FR sendiri didakwa melanggar Pasal 362 KUHP tentang pencurian.

"Dengan ini menyatakan terdakwa divonis 2,6 tahun penjara karena terbukti melanggar Pasal 362 KUHP tentang pencurian mobil dinas Bupati Bojonegoro," kata Nalfrijhon.

Baca Juga: Pengakuan Pelaku Pencuri Mobdin Bupati Bojonegoro, Biar Terlihat Kaya

2. Vonis lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum

Pencuri Mobil Dinas Bupati Bojonegoro Divonis 2,6 Tahun PenjaraFR Terdakwa pencuri mobil dinas Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah divonis 2, 6 tahun penjara. Dok Istimewa

Sementara vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni pidana penjara selama 4 tahun. Hal-hal yang meringankan hukuman terdakwa asal Kelurahan Kadipaten, Bojonegoro ini, yakni terdakwa sendiri belum pernah terlibat kasus pidana dan terdakwa mengakui kesalahannya.

"Perbuatan terdakwa ini merugikan Pemkab Bojonegoro dan meresahkan masyarakat," jelasnya. Usai vonis dibacakan terdakwa dan juga JPU menerima putusan hakim.

3. Terdakwa melakukan pencurian dengan menyamar sebagai montir mobil

Pencuri Mobil Dinas Bupati Bojonegoro Divonis 2,6 Tahun PenjaraGapura pintu masuk Kabupaten Bojonegoro. IDN Times/Imron

Sebelumnya diberitakan, Sebuah mobil dinas milik Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah hilang dicuri orang. Mobil Mitsubishi Pajero berwarna putih tersebut hilang saat diparkir di bagasi atau halaman rumah dinasnya di Jalan Mastumapel, Bojonegoro, pada Kamis (21/4/2022), lalu.

Aksi pencurian yang dilakukan oleh FR terjadi saat menjelang buka puasa. Saat itu FR berpura-pura menjadi tukang servis mobil. Ia kemudian masuk dan menggondol mobil orang nomor satu di Bojonegoro tersebut. Kasus ini kemudian dilaporkan polisi dan polisi berhasil membekuk pelaku di daerah Ngawi. Mobil itu rencananya akan dibawa kabur oleh pelaku ke daerah Bekasi Jawa Barat.

Baca Juga: Mobil Dinas Bupati Bojonegoro Dicuri, Pelaku Nyamar Jadi Mekanik

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya