Rencana April, Belajar Tatap Muka di Jombang Tunggu Rapat Gugus Tugas

Direncanakan 1 April 2021

Jombang, IDN Times - Hingga saat ini, para siswa masih mengikuti kegiatan belajar dari rumah atau daring. Sementara pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sekolah-sekolah di Kabupaten Jombang yang direncanakan awal bulan April 2021 masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 yang akan dilaksanakan pada Selasa (23/3/2021) mendatang.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) sudah merencanakan tanggal 1 April 2021 dimulai pelaksanaan PTM bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang.

"Kita masih harus koordinasi dengan Forkopimda atau Satgas COVID-19. Dan akan ada rapat pada Selasa depan, (untuk) melihat kesiapan Disdikbud sampai mana," kata Mundjidah, Sabtu, (20/3/2021).

1. Rapat kesiapan penerapan protokol kesehatan

Rencana April, Belajar Tatap Muka di Jombang Tunggu Rapat Gugus TugasBupati Jombang Mundjidah Wahab. IDN Times/Dok.Zainul Arifin

Kesiapan yang dimaksud Mundjdah, yakni kesiapan sekolah-sekolah termasuk yang ada di desa-desa di Kabupaten Jombang untuk kesiapan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). "Akan kita putuskan setelah kita bersama-sama dengan Forkopimda, Satgas rapat dan mendengarkan paparan dari Disdikbud. Maka kita putuskan untuk bisa dimulai 1 April (2021)," ujarnya.

2. Disdikbud rencanakan PTM awal April 2021

Rencana April, Belajar Tatap Muka di Jombang Tunggu Rapat Gugus TugasKepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo. IDN Times/Dok.Zainul Arifin

Sebelumnya, Disdikbud Jombang menyatakan, PTM bagi SD dan SMP di Kabupaten Jombang ditargetkan bisa dilaksanakan pada bulan April 2021 mendatang. Pelaksanaan PTM itu disebut juga sambil menunggu seluruh guru SD dan SMP di Kabupaten Jombang selesai melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis kedua.

"Sampai saat ini kita berusaha pelaksanaannya di awal April (2021) kita melakukan Pembelajaran Tatap Muka," kata Kepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo.

Baca Juga: Pengedar Sabu Berbekal Pistol ala Koboy Dibekuk di Jombang

3. SD dan SMP akan melaksanakan belajar tatap muka secara serentak

Rencana April, Belajar Tatap Muka di Jombang Tunggu Rapat Gugus TugasWartawan Vaksinasi COVID-19 di Media Center Pemkab Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Dia berharap, tahapan vaksinasi dosis kedua bagi para guru SD dan SMP di Kabupaten Jombang bisa dilaksanakan tepat waktu. Sehingga ketika selesai pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, kemudian ada jeda waktu 1 minggu setelahnya, kemudian baru dilaksanakan PTM bagi SD dan SMP di Kabupaten Jombang.

Agus menegaskan pihaknya tidak akan melihat status zona kasus COVID-19, namun seluruh Satuan Pendidikan di bawah Disdikbud Kabupaten Jombang bakal serentak melaksanakan PTM.

"SD, SMP, akan serentak melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka," ujar Agus.

Baca Juga: Kreatif! Disabilitas Jombang Sulap Serabut Kelapa Jadi Barang Bernilai

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya