Gandeng KPI, Unesa Usul Buat Kampung Cerdas Bermedia

Program ini akan dijadikan tema dalam KKN Unesa

Surabaya, IDN Times - Sebagai Ketua Riset Penyiaran untuk Jawa Timur, Universitas Negeri Surabaya mengusulkan pembentukan Kampung Cerdas Bermedia bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Program ini bertujuan untuk memberi edukasi literasi bermedia khususnya kepada warga di tingkat kampung.

1. Unesa kerja sama dengan KPI dalam riset penyiaran

Gandeng KPI, Unesa Usul Buat Kampung Cerdas BermediaWakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Bambang Yulianto,M.Pd menyampaikan bahwa konsep Kampung Cerdas Bermedia. Dok. Istimewa.

Usulan ini disampaikan oleh Unesa dalam Focus Group Discussion Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi bersama KPI Pusat, Senin (31/5/2021). Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Bambang Yulianto,M.Pd menyampaikan bahwa konsep Kampung Cerdas Bermedia ini diinisiasi dari salah satu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu menerapkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya melalui pelaksanaan program KKN (Kuliah Kerja Nyata).

“Di Unesa, program KKN ini diwujudkan dalam berbagai tema, sehingga hasilnya lebih nyata  karena programnya lebih terfokus. Saya berinisasi ke depannya, ada pembentukan Kampung Cerdas Bermedia," ujar Bambang dalam siaran pers Humas Unesa, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Hardiknas, Unesa Beri Pendidikan Gratis Anak Kru KRI Nanggala-402

2. Usul Kampung Cerdas Bermedia dalam KKN

Gandeng KPI, Unesa Usul Buat Kampung Cerdas BermediaWakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Bambang Yulianto,M.Pd mengusulkan konsep Kampung Cerdas Bermedia

Bambang menuturkan bahwa Kampung Cerdas Bermedia ini bisa diwujudkan melalui program KKN. Nantinya, Kampung Cerdas Bermedia akan dijadikan salah satu tema KKN sehingga mahasiswa mendampingi warga kampung untuk memberikan edukasi literasi bermedia dengan bijak.

"Misalnya, satu kabupaten dipilih 1-2 pelopor yang akan kita beri pendampingan tentang bagaimana mengonsumsi media secara cerdas, di sisi lain masyarakat juga dapat menangkal terjadinya serta tersebarnya hoaks,” tuturnya.

3. KPI Pusat sambut hangat usul Kampung Cerdas Bermedia

Gandeng KPI, Unesa Usul Buat Kampung Cerdas BermediaWikipedia.org

Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiah pun menyambut hangat ide tersebut. Ia merasa kerja sama dengan Unesa selain di bidang riset juga bisa diwujudkan dalam bentuk aksi edukasi secara langsung. Ia berharap, Kampung Cerdas Bermedia ini bisa terealisasi agar masyarakat bisa mengonsumsi tayangan media dengan cermat.

“Saya merasa berbunga-bunga karena mendapat pencerahan  luar biasa. Ide ini dapat bersinergi dengan program KPI karena sebelumnya,  KPI memiliki program literasi sejuta pemirsa, memang yang difokuskan masih masyarakat perkotaan. Kalau dengan usul tadi, ini dapat menjadi penguatan usul yang integratif,” pungkasnya.

Baca Juga: MUI Minta KPI Setop Program Ramadan yang Tak Senonoh

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya