Comscore Tracker

Rumah Seorang Nenek di Madiun Terbakar, Harta Bendanya Ludes

Yang tabah ya Nek!

Madiun, IDN Times - Kebakaran meluluhlantakan rumah Siti Wasiah (91) di Dusun Jambon, Desa Darmorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Sabtu malam (21/9). Dua ekor sapi mati terpanggang dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 23.30 WIB itu.

Kerugian material akibat kebakaran itu ditaksir lebih dari Rp30 juta. Selain membakar sapi, kobaran api juga membuat rumah yang dihuni perempuan tua itu rata dengan tanah. Perabotan, perhiasan, dan sejumlah uang tunai ludes terbakar.

"Kami belum mencari (perhiasan) lagi karena bara api masih ada," kata Samsudin, salah satu anak Siti Wasiah ditemui pada Minggu petang (22/9).

1. Diperkirakan masih ada bara api di antara puing-puing kebakaran

Rumah Seorang Nenek di Madiun Terbakar, Harta Bendanya LudesIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Hal itu disebabkan karena tidak maksimalnya proses pemadaman. Proses itu hanya dilakukan beberapa saat dengan menyedot sumur yang mulai mengering. Penyedotan tersebut menggunakan mesin pompa air.

Belum lagi sebagian material yang terbakar berupa gabah dan kotoran sapi. Benda-benda itu berpotensi menyisakan bara, meski bagian permukaannya telah terlihat padam.

Adapun bagian bangunan rumah yang ludes dilalap api berupa kayu dan anyaman bambu.
"Api cepat membesar. Untung ibu (Samsudin) tidak apa-apa," ujar Samsudin.

2. Si nenek sempat berusaha memadamkan api

Rumah Seorang Nenek di Madiun Terbakar, Harta Bendanya LudesDok.IDN Times/Istimewa

Samsudin melanjutkan, saat api mulai membesar, Siti Wasiah sempat berusaha memadamkannya. Dengan tenaga yang sudah payah, dia menyiram air memakai gayung. Sumber api berasal dari sekitar kandang sapi. Api itu diduga berasal dari sisa bara api pembakaran sampah sebelumnya.

Eka Narotama (28), salah satu anggota keluarga lainnya yang tinggal di depan rumah Siti Wasiah juga melihat kebakaran itu. Secara spontan, pemuda itu berlari untuk menyelamatkaan neneknya yang tengah berusaha memadamkan api.

"Tidak banyak yang bisa kami dan warga lakukan. Hanya menunggu api padam dan baru tadi (pagi) menyiramkan air dari sumur," katanya.

Baca Juga: Padamkan Kebakaran Hutan, TMC Turunkan Hujan Buatan di Riau-Kalteng

3. Barang-barang yang terbakar milik keluarga besar si nenek

Rumah Seorang Nenek di Madiun Terbakar, Harta Bendanya LudesIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Saat penyiraman, warga juga memisahkan barang-barang yang ikut terbakar. Seperti dua pompa air, mesin perontok padi manual, perabot, dan genting. Menurut Samsudin, bangunan rumah berukuran sekitar 15 x 8 meter itu sengaja dipilah menjadi beberapa bagian.

Selain untuk tempat tinggal Siti Wasiah, rumah itu juga untuk menyimpan mesin pompa air milik anak-anaknya yang tinggal di satu kawasan. Sedangkan kandang sapi berada di samping gudang kayu bakar. Hewan peliharaan dan barang-barang itu milik keluarga besar Siti Wasiah.

Baca Juga: Minimalisir Risiko, BPBD Madiun Latih Warga Antisipasi Bencana

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You