Comscore Tracker

Ujian SBMPTN Unej Besok, Pukul 6 Pagi Peserta Wajib di Lokasi

Jangan sampai telat, banyak istirahat guys!

Jember, IDN Times - Sebanyak 13.826 peserta dari berbagai daerah secara bertahap akan menjalani ujian SBMPTN di Universitas Jember mulai besok, Senin 17 Mei sampai 23 Mei 2022. Pada gelombang kedua, ujian akan berlangsung mulai 28 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022.

Humas Universitas Jember, Iim Fahmi Ilman mengingatkan kepada para peserta ujian agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Peserta harus memastikan diri sudah sampai di Kampus Universitas Jember pada pukul 06.00 WIB, atau satu jam sebelum ujian berlangsung.

"Mengingatkan besok UTBK Gelombang I hari pertama. Kami perkirakan jam 06.00 WIB para peserta sudah mulai berdatangan, sebab pukul 6.45 WIB peserta sudah masuk ke ruang ujian Masing-masing," kata Fahmi kepada IDN Times melalui keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

1. Pemeriksaan mulai dari gerbang pintu masuk

Ujian SBMPTN Unej Besok, Pukul 6 Pagi Peserta Wajib di LokasiIlustrasi ujian SBMPTN di Universitas Jember. IDN Times/Unej

Lebih lanjut, Fahmi mengatakan, peserta sudah akan diperiksa sejak di pintu masuk Kampus Universitas Jember. Pemeriksaan berlapis untuk kesehatan, akan kembali dilakukan saat berada di lokasi ujian.

"Pemeriksaan bukti peserta saja. Untuk bukti lain dan bukti terkait kesehatan dilakukan di lokasi ujian Masing-masing," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Kemahasiswaan Universitas Jember, Prof Slamin mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan 754 pengawas dan 344 penanggung jawab lokasi UTBK yang akan bertugas di 25 ruang yang tersebar di 14 lokasi UTBK.

Mereka akan mengawasi 13.826 peserta yang terdiri dari 6.937 peserta kategori ujian Saintek, 5.963 peserta kategori ujian Soshum, serta 926 peserta kategori ujian Campuran.

"Setiap sesi gelombang akan ada maksimal 615 peserta, sementara dalam satu hari pelaksanaan UTBK ada dua sesi, yakni sesi UTBK pagi dan siang," kata Slamin.

Baca Juga: Peserta SBMPTN di Unej Wajib Hadir Lebih Awal, Ini Syaratnya

2. Syarat yang wajib disiapkan

Ujian SBMPTN Unej Besok, Pukul 6 Pagi Peserta Wajib di LokasiIlustrasi ujian SBMPTN di Universitas Jember. IDN Times/Unej

Prosesnya, pertama peserta akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan, kemudian memasuki ruang ujian di lokasi UTBK. Di sana akan ada panitia yang akan mengarahkan peserta ke ruang transit.

Panitia lantas memeriksa kelengkapan administrasi seperti kartu peserta UTBK, identitas diri, surat keterangan lulus atau surat duduk di kelas XII bagi peserta lulusan tahun 2022 dan legalisir ijazah bagi peserta lulusan tahun 2021 dan 2020.

Sementara itu anggota Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid (TTDKBC) Universitas Jember akan memeriksa kelengkapan berkas kesehatan seperti sertifikat atau surat keterangan telah menerima vaksin booster.

Khusus bagi peserta UTBK SBMPTN yang baru menerima vaksin COVID-19 kedua maka wajib membawa hasil negatif tes swab antigen. Dan hasil negatif PCR bagi peserta yang baru menerima vaksin COVID-19 pertama atau belum pernah divaksin.

“Dari pengalaman tahun lalu, masih ada peserta yang lupa memakai sepatu. Oleh karena itu hendaknya semua peserta UTBK SBMPTN sudah mempersiapkan diri dengan baik dan datang sejam lebih awal dari jadwal ujian," terangnya.

3. Orang tua hanya bisa mengantar dari luar

Ujian SBMPTN Unej Besok, Pukul 6 Pagi Peserta Wajib di LokasiIlustrasi ujian SBMPTN di Universitas Jember. IDN Times/Unej

Peserta juga tidak perlu khawatir mengenai letak lokasi ujian, sebab panitia menempatkan personil yang akan mengarahkan peserta ke masing-masing lokasi UTBK.

Di sana juga ada kendaraan yang ditempatkan di halaman auditorium Universitas Jember yang siap mengantar peserta yang tidak membawa kendaraan ke masing-masing lokasi UTBK.

Sementara bagi pengantar diharapkan segera meninggalkan lokasi UTBK seusai mengantar peserta.

Baca Juga: Waktu Tes Ujian UTBK SBMPTN 2022 Berubah, Cek Infonya

Mohamad Ulil Albab Photo Community Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya