Surat Minta Sumbangan Dana HJT Beredar, Ini Penjelasan Pemkab Tuban

Tahun sebelumnya juga pernah minta-minta ke perusahaan

Tuban, IDN Times- Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tuban (HJT) ke-726, beredar surat berlogo Pemkab Tuban. Surat itu berisikan tentang permintaan bantuan dana yang dilayangkan oleh Pemkab Tuban terhadap sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, salah satunya minimarket Indomaret.

Dalam keterangan surat itu, pihak swalayan dimintai dana partisipasi demi mendukung kelancaran kegiatan HJT sebesar Rp5 juta. Uang itu harus disetor melalui rekening bank tertentu atas nama panitia pelaksana HJT atau diserahkan ke bagian bendahara panitia kegiatan, atau Kepala Bagian Umum Sekda, paling lambat 5 November 2019.

1. Wabup Tuban anggap sumbangan itu sah saja

Surat Minta Sumbangan Dana HJT Beredar, Ini Penjelasan Pemkab TubanWakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein, saat dimintai keterangan oleh awak media usai menggelar HJT. IDN Times/Imron

Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein, langsung merespons adanya surat edaran tersebut. Menurut dia, permintaan dana bantuan untuk kegiatan HJT Tuban merupakan sebuah bentuk kewajaran, karena perusahaan tersebut telah beroperasi di Tuban. "

Jadi saya pikir itu sah-sah saja permintaan dana untuk kegiatan ini ya (HJT). Karena melihat dana yang kita anggarkan juga sangat terbatas," katanya kepada IDN Times, Selasa (12/11).

2. Pemkab Tuban sebelumnya juga pernah minta sumbangan ke perusahaan

Surat Minta Sumbangan Dana HJT Beredar, Ini Penjelasan Pemkab TubanSurat permintaan sumbangan dari Pemkab Tuban. IDN Times/Istimewa

Permintaan sumbangan yang dilakukan Pemkab Tuban terhadap pihak perusahaan, tahun sebelumnya juga pernah dilakukan. Namun bukan berupa uang melainkan sumbangan berupa kegiatan. Misalnya ada kegiatan pengajian yang mengundang kiyai terkenal maka pihak perusahaan itu lah yang membiayai kegiatan itu semua.

"Kalau saat ini permintaan sumbangan dipatok uang 5 juta misalnya itu tidak benar," katanya.

Baca Juga: Menyaru Humas Pertamina, Tipu Lima Orang Pencari Kerja di Tuban

3. Dana HJT tidak sampai 200 juta

Surat Minta Sumbangan Dana HJT Beredar, Ini Penjelasan Pemkab TubanPertunjukan tari di hari jadi Kabupaten Tuban yang Ke-726 di alun-alun Tuban, Selasa (12/11). IDN Times/Imron

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana mengatakan, anggaran untuk kegiatan HJT Tuban tahun ini tidak terpusat pada dana APBD saja. Untuk itu, Pemkab Tuban berharap partisipasi pada pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat untuk ikut menyemarakkan kegiatan HJT tersebut.

"Kalau dari anggaran APBD sendiri tidak sampai Rp200 juta. Kegiatan-kegiatan lainnya langsung di-cover oleh perusahaan dan perusahaan-perusahaan yang ada, juga kita sudah berikan surat semua," pungkasnya.

 

Baca Juga: HUT ke-726 Tuban, Bupati Minta Program Kemiskinan Diprioritaskan  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya