Comscore Tracker

Waspada Bencana, Pemkot Surabaya Siagakan 8 Pos Pantau

Gelombang pasang rawan kembali terjadi

Surabaya, IDN Times - Gelombang pasang susulan maupun banjir rob bisa saja kembali terjadi di pesisir timur Kota Surabaya. Untuk itu, saat ini Pemerintah Kota Surabaya menyiagakan delapan pos pantau agar bisa memonitor potensi terjadinya bencana.

1. Surabaya siagakan delapan pos pantau bencana

Waspada Bencana, Pemkot Surabaya Siagakan 8 Pos PantauIDN Times/Fitria Madia

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyebutkan, di pos pantau tersebut akan ada petugas yang berjaga terus menerus. Pos pantau ini diletakkan di delapan titik yaitu Rumah Pompa Balong, Rusun Romokalisari, Sentra Ikan Bulak, Eks Rumah Pompa Wonorejo II, SMPN 30 Medokan Semampir, Kecamatan Gunung Anyar, Kelurahan Sumberejo, dan Kelurahan Karang Pilang.

"Jadi kita ada delapan posko Yang ada di tepi pantai. Tapi di pos-pos kita punya kurang lebih sekitar 30 posko di dalam kota dan ada pula posko yang terletak di kecamatan serta kelurahan,” ujar Risma, Sabtu (14/11/2020).

2. Dilengkapi peralatan evakuasi

Waspada Bencana, Pemkot Surabaya Siagakan 8 Pos PantauIDN Times/Fitria Madia

Di setiap pos pantau dilengkapi dengan berbagai peralatan mitigasi bencana seperti perahu karet, pelampung, penerangan, generator, pengeras suara hingga air mineral. Simulasi evakuasi bencana pun juga dilakukan di sana bersama warga sekitar.

“Untuk mekanismenya, nanti akan ada laporan. Petugas sudah dibekali HT. Kemudian setelah laporan itu masuk, misalnya dari masyarakat merekalah yang gerak cepat,” tuturnya.

3. Akan jadi pekan yang berat bagi warga pesisir

Waspada Bencana, Pemkot Surabaya Siagakan 8 Pos PantauIlustrasi Ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Risma menyampaikan bahwa pekan ini akan terasa berat bagi warga yang ada di pesisir pantai atau para nelayan. Pasalnya para nelayan itu tidak bisa berlayar akibat ombaknya yang cukup tinggi serta angin kencang. Hal tersebut tentu mempengaruhi ekonomi mereka.

“Saya juga sudah ingatkan untuk tidak berlayar dulu sementara waktu. Bagaimana pun ini adalah faktor alam.”

Baca Juga: La Nina Tak Berpengaruh Besar di Tuban, Warga Diminta Tetap Waspada

4. Siapkan lokasi evakuasi warga

Waspada Bencana, Pemkot Surabaya Siagakan 8 Pos PantauIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain menyiagakan pos pantau tambahan, Risma juga sudah menyiapkan lokasi pengungsian jika banjir rob terjadi. Kemungkinan jika gelombang kembali pasang, maka banjir rob bisa menyapu rumah warga. Evakuasi warga akan diletakkan di Sentra Ikan Bulak (SIB).

“Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dan mari kita semua siaga sambil kita memohon kepada Tuhan, meminta perlindungan dan meminta ampun segala kesalahan yang pernah kita lakukan,” pungkasnya.

Baca Juga: Rawan Bencana Banjir dan Genangan, Akankah Surabaya Tahun Ini Selamat?

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya