Comscore Tracker

Warga Blitar Temukan Benda Misterius Diduga Bom, Begini Faktanya

Siapa ya yang iseng naruh benda begitu?

Blitar, IDN Times - Warga Kabupaten Blitar digegerkan atas temuan sebuah benda yang menyerupai bom. Benda ini tergeletak begitu saja di teras sebuah rumah yang terletak di Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Melihat ada benda misterius, warga segera melapor polisi.

"Kami menerima laporan warga ada benda yang diduga bom di sebuah rumah," ujar Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M Ridha, saat dihubungi oleh IDN Times, Jumat (19/10).

Baca Juga: 23 Napi Bom Surabaya Dipindahkan ke Jakarta

1. Benda misterius bukan bom

Warga Blitar Temukan Benda Misterius Diduga Bom, Begini FaktanyaDok. IDN Times/Istimewa

Benda yang ditemukan warga berupa tabung-tabung dilekatkan dengan selotip dan ada kabel mengelilingi tabung itu. Karena ada kabelnya dan terdapat tabung menyerupai baterai, warga pun mengira benda ini sebagai bom.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, polisi lalu menerjunkan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dari Kediri. Tim Jihandak langsung memeriksa benda tersebut dan mensterilkan area dengan garis polisi.

"Setelah diperiksa dapat dipastikan bahwa benda tersebut bukan bom," tegasnya.

2. Tidak memiliki daya ledak

Warga Blitar Temukan Benda Misterius Diduga Bom, Begini FaktanyaDok. IDN Times/Istimewa

Anissullah mengatakan benda tersebut hanyalah pipa yang dililit dengan kabel. Tidak terdapat unsur apa pun yang memiliki daya ledak, sehingga dapat dipastikan bahwa benda tersebut tidak membahayakan bagi warga.

"Bendanya tidak memiliki daya eksplosif sama sekali. Karena tidak ada unsur-unsur bahan peledak," jelasnya.

3. Penaruh bom diduga sengaja menciptakan kecemasan

Warga Blitar Temukan Benda Misterius Diduga Bom, Begini FaktanyaDok. IDN Times/Istimewa

Polisi menduga benda ini sengaja ditaruh di rumah tersebut untuk menimbulkan kecemasan warga. Hingga saat ini pelaku penaruhan benda tersebut masih diselidiki oleh polisi.

"Pasti ada kesengajaan karena ditaruhnya di rumah di tempat terbuka dan bendanya ditata sedemikian rupa. Tapi kini warga sudah tenang, sudah kondusif," tutupnya.

Baca Juga: Barang Diduga Bom Ditemukan di Lombok, Ternyata Ini Isinya

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You