Comscore Tracker

Sejak 2009, Pemilik SPI Diduga Sudah Cabuli dan Eksploitasi Siswanya

Setidaknya ada 15 orang korban yang mengaku pada Komnas PA

Surabaya, IDN Times - Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) melaporkan JE, seorang pemilik sekolah ternama di Kota Batu atas dugaan kekerasan seksual, kekerasan fisik dan verbal, serta eksploitasi anak. Diduga, kejahatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2009 kepada belasan siswanya. Terbaru, ada siswa di tahun 2020 yang mengaku masih mendapatkan kekerasan dari pemilik sekolah yang dikenal dengan sebutan SPI itu.

1. Korban setidaknya ada 15 orang

Sejak 2009, Pemilik SPI Diduga Sudah Cabuli dan Eksploitasi SiswanyaKetua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat melapor ke Polda Jatim, Sabtu (29/5/2021). Dok istimewa

Ketua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan, setelah pihaknya mendapatkan laporan dari salah satu korban pekan lalu, investigasi dan pencarian fakta-fakta langsung dilakukan. Tim Komnas PA pun menelusuri siswa-siswa dan alumni SPI yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Hasilnya, 15 orang mengaku menjadi korban kejahatan JE.

"Kemungkinan korban lebih dari 15. Dari 15 ini saja, 3 begitu serius persoalannya. Tapi mungkin karena ini tidak pernah terbuka dan tidak ketahuan bisa saja korban-korban baru-baru ini terjadi," ujar Arist usai membuat laporan polisi di Polda Jatim, Sabtu (29/5/2021).

2. Kasus terlama di tahun 2009

Sejak 2009, Pemilik SPI Diduga Sudah Cabuli dan Eksploitasi SiswanyaKetua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat melapor ke Polda Jatim, Sabtu (29/5/2021). Dok istimewa

Dari hasil penelusuran sementaranya, kasus terlama berasal dari seorang alumni sekolah yang dulu mendapat kekerasan di tahun 2009 ketika ia menjadi siswa di SPI. Korban-korban lain di temukan dari tahun-tahun berikutnya hingga terbaru di tahun 2020.

"Sudah begitu lama. Ada yang mulai 2009, 2010, 2011. Bahkan sampai terakhir itu ada akhir 2020 di masa pandemik COVID-19," tuturnya.

Baca Juga: Sekolah SPI, SMA Gratis di Malang untuk Anak yang Miskin & Yatim Piatu

3. Korban mulai dari siswa hingga alumni

Sejak 2009, Pemilik SPI Diduga Sudah Cabuli dan Eksploitasi SiswanyaIlustrasi pencabulan. Pixabay

Arist mengatakan bahwa, JE diduga melakukan kekerasan tak hanya kepada para siswanya yang masih bersekolah. Ia juga tak segan menyerang siswa-siswa yang sebenarnya sudah lulus dari sekolah tersebut.

"Pemilik SPI itu melakukan kejahatan seksual pada puluhan anak-anak pada masa bersekolah di situ antara kelas 1, 2, dan 3 sampai pada anak itu lulus dari sekolah masih mengalami kejahatan seksual dari pemilik sekolah itu," terangnya.

Baca Juga: Pemilik Sekolah Ternama Kota Batu Diduga Cabuli dan Eksploitasi Siswa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya