Jembatan Kartini Dibuka, Risma Rencanakan Buat Destinasi Wisata

Ada-ada saja ide emak'e arek Suroboyo

Surabaya, IDN Times - Warga Surabaya yang sering mengakses Jalan Darmo menuju wilayah barat pasti tak asing dengan jembatan Kartini yang ditutup. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun meninjau pembangunan jembatan Kartini, Selasa (18/9). Setelah ia cek, ia nyatakan jembatan Kartini sudah bisa diakses kembali. Bahkan, ia berencana membuat jembatan ini sebagai destinasi wisata baru.
 

1. Air sering meluap akibat adanya pengerasan

Jembatan Kartini Dibuka, Risma Rencanakan Buat Destinasi WisataIDN Times/Fitria Madia

Risma mengungkapkan pembangunan jembatan Kartini ini dilakukan lantaran air sering meluap dan tidak terserap sempurna dari aliran sungai yang ada di bawah jembatan. Setelah dilakukan pengecekan, rupanya terjadi pengerasan di dasar sungai. "Dan ini juga terjadi di jembatan-jembatan lain di kota. Kayaknya yang jembatan Darmo itu juga mau saya bongkar. Sudah tua juga itu," tuturnya.

2. Jembatan bertahan hingga 50 tahun

Jembatan Kartini Dibuka, Risma Rencanakan Buat Destinasi WisataIDN Times/Fitria Madia

Ia melanjutkan, jembatan Kartini pun kini dapat diakses. Usia jembatan tersebut diperkirakan mencapai 50 tahun. Tak hanya menambah kedalaman sungai di bawah jembatan, Risma juga meminta untuk menghilangkan tiang pancang yang biasanya berada di bawah jembatan. "Jadi nanti aliran airnya bisa leluasa. Supaya cepat mengalir," tuturnya.

Baca Juga: Tak Hanya Jalanan, Risma Juga "Semprot" Stafnya

3. Akan dijadikan tempat wisata

Jembatan Kartini Dibuka, Risma Rencanakan Buat Destinasi WisataIDN Times/Fitria Madia

Dalam jangka panjang, bahkan Risma berencana untuk menyulap jembatan tersebut sebagai destinasi wisata seperti menyusuri sungai menggunakan perahu. "Kata ahli gak apa-apa dibuat wisata. Tapi saya masih takut karena kita dalam kan dan kesehatan airnya juga harus kita olah dulu sedemikian rupa supaya aman," tuturnya.

Baca Juga: Jelang Musim Hujan, Risma Tambah Kapasitas Pompa Air

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya