"Bu Risma" Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Banyak yang membahas upaya Risma melindungi Kota Surabaya

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendadak ramai dibicarakan. Nama Risma menjadi trending topic di Twitter. Para warganet mengapresiasi upaya Risma untuk melindungi Kota Pahlawan dari serangan virus corona. Hingga pukul 10.36 WIB, keyword tersebut menduduki posisi tiga pada daftar trending Indonesia. Saat ini sendiri sudah ada 6 warga positif Covid-19 yang tengah dirawat di rumah sakit di Surabaya.

1. "Bu Risma" trending topic Twitter

Bu Risma Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah CoronaIDN Times/Abraham Herdyanto

Keyword "Bu Risma" telah dicantumkan sebanyak lebih dari 8500 kali dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Hal ini membuat "Bu Risma" menempati urutan ke empat trending topic Twitter pada Kamis (19/3). Cuitan yang mencantumkan kata "Bu Risma" kebanyakan memuji upaya Risma dalam antisipasi virus corona di Kota Surabaya.

Salah satu cuitan viral tentang "Bu Risma" disampaikan oleh @bintangforza. Dalam tweetnya, @bintangforza membagikan informasi tentang upaya Risma menyemprot Kota Surabaya dengan desinfektan. Warganet tersebut juga mencantumkam foto-foto yang diperoleh dari akun Facebook resmi Humas Pemkot Surabaya, Bangga Surabaya.

"Penyemprotan disinfektan tidak hanya untuk gedung gedung saja, pedestrian juga tidak luput dari perhatian Bu Risma. Tidak hanya itu, Bu Risma juga berkeliling sambil woro - woro menyampaikan tentang "social distancing" kepada warga Surabaya," sebutnya. Tweet ini mendapat 139 balasan, 1,4 ribu retweets, dan 3 ribu likes.

2. Pembangunan bilik sterilisasi mendapat reaksi terbanyak

Bu Risma Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Saat ini yang mendapat paling banyak reaksi adalah cuitan dari @ameliarizqaz. Rizqa, pemilik akun tersebut, membagikan proses pembuatan bilik sterilisasi oleh Institut Teknologi Telkom Surabaya. Cuitan tersebut mendapat 4,9 ribu retweets dan 5 ribu likes. Tak terhitung jumlah quote retweets hingga membuat cuitan tersebut viral.

"Bu Risma meminta tolong ke Pak Rektor ITTelkom Surabaya buat bikin human strelization, semacam bilik yang kalo manusia masuk disemprot cairan desinkfectan buat sterilisasi, cc : @ittelkomsby," tulis Rizqa yang merupakan dosen di IT Telkom Surabaya.

3. Pembuatan bilik selesai dalam sehari

Bu Risma Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Cuitan tersebut menjadi viral lantaran Risma meminta alat yang tidak banyak terpikir oleh kepala daerah lain di Indonesia. Selain itu, bilik tersebut juga selesai dalam semalam.

"Dan beneran jadi alat yang dinamai Strelization Chamber ini dalam waktu semalam!!! Goks cuma semalem aja siiihhh, Ku yg cuma diceritain prosenya aja uda ngerasa terharu, apalagi kalo aku ngeliat langsung proses," seru Rizqa.

Namun, Rizqa menjelaskan kepada IDN Times melalui direct message Twitter, alat tersebut memang belum sempurna jadi. Masih ada hal-hal yang harus dipenuhi hingga bisa difungsikan.

"Ini masih upaya penyempurnaan bagian blower penyemprotnya," sebut Rizqa.

Baca Juga: Risma Siapkan Website Lawan Covid-19, Ini Bocoran Isinya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya