Comscore Tracker

Ratusan Rumah di Kabupaten Kediri Kebanjiran

Warga mengungsi ke kantor desa

Kediri, IDN Times - Ratusan rumah di Desa Gambyok, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri terendam banjir. Hujan deras yang terjadi kemarin membuat air sungai yang berada di desa tersebut meluap dan masuk ke area pemukiman warga. Sejumlah warga memutuskan untuk mengungsi ke kantor desa sambil menunggu air banjir surut.

1. Air masuk ke rumah mulai semalam

Ratusan Rumah di Kabupaten Kediri KebanjiranBanjir menggenangi jalan di Desa Gambyok, Kediri. IDN Times/ istimewa

Salah seorang warga, Siti Aisyah menerangkan banjir sudah mulai menggenangi rumah sejak semalam. Banjir ini akibat dari hujan deras yang mengguyur selama lebih dari 4 jam. Tingginya intensitas hujan, membuat debit air sungai setempat meluber.

"Hujan deras terus menerus, ini sudah yang kedua kalinya, namun ini lebih parah", ujarnya, Jumat (21/01/2022).

Baca Juga: Korupsi Bansos, Mantan Kadinsos Kota Kediri Jadi Tersangka 

2. Ketinggian banjir bervariasi mulai 30 cm hingga 1 m

Ratusan Rumah di Kabupaten Kediri KebanjiranBanjir masuk ke rumah warga di Desa Gambyok, Kediri. IDN Times/ istimewa

Sementara itu Kapolsek Grogol, AKP Shohib Dimyati, mengatakan akibat kejadian tersebut terdapat ratusan rumah warga yang terendam banjir. Ketinggian air pun bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1 meter. Aktivitas warga pun menjadi terganggu karena debit air terus meningkat dan masuk ke dalam rumah.

"Kami bersama TNI, dan BPBD melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga, terutama yang memiliki anak kecil dan lansia, selanjutnya kami ungsikan di balai desa," tuturnya.

Baca Juga: Tahun Ini Bupati Kediri Bakal Gelar Kembali Festival Seni di 4 Titik 

3. Banjir mulai surut

Ratusan Rumah di Kabupaten Kediri KebanjiranBanjir menggenangi jalan di Desa Gambyok, Kediri. IDN Times/ istimewa

Berdasarkan pantuan saat ini banjir yang merendam rumah warga di desa tersebut mulai surut. Meskipun begitu akses jalan masih tertutup genangan banjir. Warga yang sempat mengungsi juga sudah kembali ke rumah. Mereka mulai membersihkan rumah dari sisa banjir yang terjadi semalam. Desa gambyok sendiri merupakan daerah langganan banjir saat musim hujan tiba. Warga berharap Pemerintah Daerah dapat segera mengatasi permasalahan banjir tersebut.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya