Satu Jemaah Haji Asal Malang Meninggal Dunia di Dalam Pesawat

Semoga diterima amal Mkka

Surabaya, IDN Times - Satu jemaah haji debarkasi Surabaya dikabarkan meninggal dunia, Sabtu (24/8) dini hari. Jemaah yang berasal dari kloter 21 asal Kabupaten Malang itu diketahui bernama Siti Aminah Abdul Rahman. Ia mengembuskan nafas terakhirnya saat perjalanan pulang menuju Tanah Air. Mendiang meninggal di Pesawat Saudi Arabia Airline (SAA) SV 5514.

 

1. Mendiang alami batuk dan suhu tubuh meningkat saat ibadah haji

Satu Jemaah Haji Asal Malang Meninggal Dunia di Dalam PesawatIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

 

Dokter TKHI kloter 21, dr Hari Budi Susetyo, mengatakan enek kelahiran 80 tahun silam yang berangkat bersama besannya ini mengeluh tidak mau makan dan minum. Dia juga mengalami batuk serta suhu tubuhnya meningkat pasca menjalani armuzna.

Tim medis lantas melakukan pemasangan infus pada Siti Aminah selama dua hari serta diberikan obat-obatan yang diperlukan. "Pasien masih sempat melaksanakan thowaf ifadoh dan wada’ dengan memakai jasa kursi dorong," ujar Hari, Sabtu (24/8).

2. Ketika pemulangan pucat dan dipasanglah infus

Satu Jemaah Haji Asal Malang Meninggal Dunia di Dalam Pesawatusada.org

 

Ketika pemulangan, lanjut Hari, di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Jumat (23/8) pukul 04.00 WAS, pasien merasa mual, lemas dan pucat. Tim medis lantas memasang infus dan memberikan drip neurobion sambil dicoba makan dzn minum.

"Ketika naik pesawat, pasien dalam keadaan sadar dan normal  dengan tetap memakai infus dalam pengawasan tim medis."

3. Sebelum pesawat mendarat, mendiang hembuskan nafas

Satu Jemaah Haji Asal Malang Meninggal Dunia di Dalam PesawatIDN Times/Sukma Shakti

 

Lebih lanjut, pada Sabtu (24/8) pukul 00.10 WIB, sebelum pesawat mendarat di Bandara Juanda Sidoarjo, pasien mengalami penurunan kesadaran. Tim medis lantas melakukan tindakan pemasangan oksigen, syok position, serta cek tensi darah pasien. 

Pukul 00.20 WIB, nadi pasien teraba sehingga dilakukan pijat jantung. “Pukul 00.20 WIB, karena sudah tidak teraba nadinya, dilakukan pijat jantung. Karena tidak ada perbaikan, pukul 00.40 WIB dinyatakan meninggal dunia,” kata Budi.

4. Dinyatakan punya bronkitis kronis dan jenazahnya sudah dibawa ke rumah Mkkah

Satu Jemaah Haji Asal Malang Meninggal Dunia di Dalam PesawatANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra

 

Berdasarkan Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH), mendiang memiliki riwayat penyakit bronkitis kronis, serta jantung bengkak. Jenazahnya pun dibawa ambulans menuju Rumah Sakit Haji Sukolilo untuk dilakukan visum oleh tim medis.

"Sekarang sudah langsung dibawa pulang ke rumah duka RT 02 RW 01 Desa Mojosari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya