Comscore Tracker

Groundbreaking Bandara Kediri, Wagub Emil: Tinggal Persetujuan Final

Kabar baik untuk warga Kediri dan sekitarnya

Surabaya, IDN Times - Peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandara Kediri segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Langkah awal ini tinggal menunggu kelengkapan administrasi saja.

"Saya janji pada awal tahun ini. Terakhir ada rapat di Deputi Kemenkomaritim, salah satunya kami pastikan kaitannya dengan tata ruang," ujar Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat ditemui di Balai Diklat Keagamaan, Sabtu (4/1).

1. Tinggal tunggu persetujuan final

Groundbreaking Bandara Kediri, Wagub Emil: Tinggal Persetujuan Finalilustrasi bandara/Twitter.com/@hkairport

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, tata ruang yang dimaksud sudah direvisi dan diajukan ulang. Sekarang ini hanya membutuhkan persetujuan saja.

"Masih membutuhkan persetujuan final internal lingkungan Kabupaten Kediri," kata Emil.

2. Optimistis lancar karena masuk proyek strategis nasional

Groundbreaking Bandara Kediri, Wagub Emil: Tinggal Persetujuan FinalIlustrasi bandara. IDN Times/Ayu Afria

Suami Arumi Bachsin ini juga optimistis segala yang menjadi hambatan pembangunan Bandara Kediri segera teratasi. Pasalnya, bandara ini masuk dalam proyek strategis nasional.

Emil membeberkan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang juga ikut turun langsung menyukseskan proyek ini. Pemprov Jatim juga terus meng-update hasil pertemuan Deputi Kemenkomaritim terkait Bandara Kediri.

"Tetapi selain pembebasan lahan, karena tinggal sedikit sekali. Yang penting juga tata ruang. Kalau tata ruang segera klir, bisa berjalan dengan lancar," jelasnya.

Baca Juga: Dibangun Januari 2020, Bandara Kediri Miliki Dua Terminal

3. Konsensi ditentukan bersama Kemenhub

Groundbreaking Bandara Kediri, Wagub Emil: Tinggal Persetujuan FinalWakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat sambutan di Musypimwil II Aisyiyah Jatim, Sabtu (4/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara untuk mekanisme konsesi, Emil belum bisa merincinya. Sebab, kewenangan tersebut berada di tangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sudah mengikuti aturan Kementerian Perhubungan, kemudian Perpres tentang kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Sudah diatur juga mengenai konsep modalitas kerja sama pemerintah dengan swasta yang sesuai," terangnya.

4. Dibangun di atas lahan seluas 457 hektare, Bandara Kediri akan punya landasan pacu sepanjang 3,2 km

Groundbreaking Bandara Kediri, Wagub Emil: Tinggal Persetujuan Finalilustrasi bandara. (IDN Times/Mela Hapsari)

Sekadar informasi, Bandara Kediri nantinya akan memiliki luas area 457 hektare. Landasan pacunya sepanjang 3.200 meter. Sehingga, bandara ini bisa menjadi alternatif kargo selain Juanda. Proyek ini akan dikerjakan PT Doho Investama yang merupakan anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk.

Baca Juga: Dilengkapi RTH, Bandara Kediri Berkonsep Smart and Green Airport

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya