Anies Tegaskan Jawa Timur Penting untuk Menangkan Pilpres

Ia diisukan akan menggandeng tokoh Jatim sebagai Bacawapres

Malang, IDN Times - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Partai NasDem, Anies Rasyid Baswedan belakang sering mengunjungi kota-kota di Jawa Timur untuk melakukan safari politik. Ia bahkan sudah dua kali mengunjungi Kabupaten Malang sepanjang 2023. Sebelumnya, ia mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muttaqin di Jalan Pandowo, Desa Jeru, Kecamatan Turen pada Rabu (24/05/2023). Terbaru, ia menonton pagelaran wayang kulit di Dusun Bodean Putuk, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari pada Rabu (9/8/2023) malam.

Anies mengakui kalau Jawa Timur memiliki pengaruh signifikan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Oleh karena itu, ia ingin merapatkan barisan pendukungnya di Jawa Timur.

Baca Juga: NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres Anies

1. Menurut Anies, Jawa Timur penting karena jumlah pemilihannya yang besar

Anies Tegaskan Jawa Timur Penting untuk Menangkan PilpresBacapres dari Partai NasDem, Anies Baswedan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Anies  melihat Jawa Timur sebagai salah satu lumbung suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Alasan itulah yang membuat dirinya sering bersafari politik di Jawa Timur. Salah satunya di Kabupaten Malang yang jumlah penduduknya lebih dari 2,5 juta orang.

"Kami melihat penting karena Jawa Timur memiliki jumlah pemilih yang besar, memiliki nilai yang sangat strategis. Oleh karena itu kami sampaikan bahwa ikhtiar yang diamanatkan pada kami adalah membawa misi untuk menghadirkan rasa keadilan," terangnya usia menonton pagelaran wayang kulit di Singosari.

Meskipun menjadi lumbung suara dalam pemilu, ternyata menurut Anies ada ketimpangan pembangunan di Jawa Timur dibandingkan daerah-daerah lainnya. Ia mencontohkan pembangunan di pedesaan sangat berbeda jika dibandingkan di perkotaan.

"Kami berharap kabupaten, kota, pedesaan yang mungkin perhatian untuk pembangunannya kurang akan menjadi prioritas. Oleh sebab itu Jawa Timur menjadi penting. Kita ingin Jawa Timur maju, bukan hanya di kotanya, tapi juga di desanya," bebernya.

2. Menurut Anies, kampung nelayan di Jawa Timur amat memprihatinkan

Anies Tegaskan Jawa Timur Penting untuk Menangkan PilpresAnies Baswedan saat tiba Malang untuk menonton pagelaran wayang kulit di Singosari. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Anies mencontohkan ketimpangan pembangunan ada pada kampung-kampung nelayan di Jawa Timur. Menurutnya, kondisi pembangunan di sana amat memprihatinkan. Padahal sektor perikanan harus menjadi prioritas jika melihat Indonesia sebagai negara maritim yang wilayahnya didominasi lautan.

"Beberapa hari ini kami mampir ke kampung nelayan untuk melihat di kegiatan perikanan, pertanian, peternakan, perkebunan. Kita melihat di sektor-sektor itu perlu tambahan perhatian yang serius, perlu dukungan yang serius terutama pada sektor perikanan," tegasnya.

3. Anies masih malu-malu saat disandingkan dengan tokoh dari Jawa Timur sebagai cawapres

Anies Tegaskan Jawa Timur Penting untuk Menangkan PilpresYenny Wahid dan Khofifah Indar Parawansa. (IDN Times/Vadhia LidyanaDok. Humas Protokol Pemprov Jatim)

Anies tampaknya masih malu-malu ketika disinggung soal Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya. Berembus isu jika tokoh dari Jawa Timur yang akan mendampingi dirinya. Hal ini setelah Anies melihat potensi Jawa Timur sebagai lumbung suara dalam Pemilu 2024.

"Nanti pada waktunya akan diumumkan. Tunggu nanti ya (siapa Bacawapres)," tandasnya.

Ada dua tokoh asal Jawa Timur yang kini santer jadi perbincangan untuk mendampinginya, keduanya adalah anak presiden ke-4 Indonesia, Zannuba Ariffah Chafsoh atau biasa disapa Yenny Wahid dan satu lagi adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga: Anies Baswedan:  Wayang Kulit Harus Punya Regenerasi Penonton

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya