Comscore Tracker

Bandara Trunojoyo Diresmikan Jokowi

Bandara Trunojoyo sebagai starting point

Sumenep, IDN Times - Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep diresmikan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Rabu (20/4/2022). Bandara seluas 34 hektare ini mempunyai landasan pacu sepanjang 1.600 meter dan gedung seluas 3.600 meter.

Nantinya, Bandara Trunojoyo akan dikomersialkan untuk penerbangan dalam negeri. Melayani beberapa rute. Antara lain, Madura - Surabaya, Madura - Bawean (Gresik), Madura - Pagerungan dan Madura - Banyuwangi. Rencananya dikembangkan rute ke Banjarmasin, Jakarta dan Bali.

1. Bandara bisa tingkatkan konektivitas dan pangkas waktu tempuh

Bandara Trunojoyo Diresmikan JokowiPresiden Joko 'Jokowi' Widodo Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022)

Jokowi mengatakan, bandara ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil dan membuka isolasi pulau terpencil di sekitar Madura. Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh.

"Jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja," ujarnya saat peresmian, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Jokowi Berharap Defend ID Jadi Industri Pertahanan 50 Terbesar Dunia

2. Ekonomi di Madura diprediksi tumbuh dengan adanya bandara

Bandara Trunojoyo Diresmikan JokowiPresiden Joko 'Jokowi' Widodo Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022)

Jokowi meyakini, konektivitas yang baik akan berdampak pada mobilitas masyarakat yang semakin lancar. Hal ini juga akan berefek pada sektor ekonomi yang diprediksi akan terus tumbuh. "Usaha baru InsyaAllah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah," kata dia.

3. Khofifah juga optimis jadi starting point pertumbuhan ekonomi

Bandara Trunojoyo Diresmikan JokowiPresiden Joko 'Jokowi' Widodo Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Sumenep, Rabu (20/4/2022)

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa optimistis bandara ini akan mengungkit pertumbuhan ekonomi wilayah Madura dan kepulauannya. “Alhamdulillah, semoga ini menjadi starting point pertumbuhan ekonomi di Madura dan sekitarnya yang semakin meningkat ke depannya,” katanya saat mendampingi Jokowi.

"Adanya bandara ini akan menarik bagi para investor. Utamanya pariwisata dan kerajinan khas Madura. Karena saya yakin, jika diiringi dengan branding yang baik, maka para investor akan berdatangan ke Sumenep, mengingat Sumenep memiliki banya potensi khususnya wisata di  kepulauan," jelas Khofifah.

Baca Juga: Mudik Mayoritas Jalur Darat, Jokowi Khawatir Macet

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya