Ke Jambangan, Delegasi ASEAN Puji Cara Risma Daur Ulang Sampah

Cara Risma mengelola sampah diapresiasi pejabat ASEAN

Surabaya, IDN Times - Sejumlah pejabat Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) bersama delegasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengunjungi tempat pengelolaan sampah di Jambangan, Jumat (3/5). Mereka diperlihatkan bagaimana sampah di Surabaya dikelola hingga menjadi kompos.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menuai banyak pujian karena berhasil menciptakan cara yang kreatif dalam mengelola sampah.

1. Jambangan harus menjadi contoh bagi kota di Asia Tenggara

Ke Jambangan, Delegasi ASEAN Puji Cara Risma Daur Ulang SampahIDN Times/Vanny El Rahman

 

Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi, mengapresiasi bagaimana Jambangan memanfaatkan larva guna mengurai sampah.

"Sangat menarik caranya, inisiatifnya sangat luar biasa, terlebih menyikapi isu sampah plastik. Kami sangat senang bisa melihat ini. Saya kira ini bisa menjadi contoh bagaimana manajemen pengelolaan sampah di ASEAN," kata lelaki asal Brunei Darussalam tersebut.

2. Sampah yang memiliki nilai ekonomi sangat berguna bagi kesejahteraan

Ke Jambangan, Delegasi ASEAN Puji Cara Risma Daur Ulang SampahIDN Times/Vanny El Rahman

Menurut Lim, Jambangan merupakan hasil pemikiran kreatif Risma. Ia percaya sampah yang sudah menjadi kompos bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Wali Kota Surabaya sangat luar biasa dan sangat paham bagaimana mengatasi isu pengelolaan sampah. Sebagai salah satu pemimpin kawasan, saya mengapresiasi apa yaang dilakukan oleh Wali Kota dan ini bisa menjadi solusi lingkungan dan kesejahteraan di masa depan," sambung dia.

3. Tanpa Jambangan, Surabaya bisa dipenuhi banyak sampah

Ke Jambangan, Delegasi ASEAN Puji Cara Risma Daur Ulang SampahIDN Times/Vanny El Rahman

 

Sebagaimana diketahui, Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Sebagai kota metropolitan, mobilitas di Kota Pahlawan sangat tinggi. Aktivitas masyarakat juga beragam. Karena itu, sampah menjadi tidak terelakkan lagi di Surabaya.

Di tangan Risma, Surabaya berhasil menjadi kota metropolitan yang bersih dan sadar akan lingkungan. "Tadi saya menulis di kolom komentar 'without you (Jambangan and Risma) the whole city (Surabaya) will be dirty," sambung Min Lwin selaku Duta Besar Myanmar untuk ASEAN.

4. Kehadiran Risma di ASEAN Mayor Forum sangat dinanti

Ke Jambangan, Delegasi ASEAN Puji Cara Risma Daur Ulang SampahIDN Times/Vanny El Rahman

Lwin akan sangat senang bila Risma bisa berbagi pengalaman dalam mengelola sampah. Karenanya, kehadiran perempuan yang telah memperoleh berbagai penghargaan itu sangat dinanti di forum wali kota se-Asia Tenggara.

"100 persen saya menantikan momen itu (Risma berbagi pengalaman). Saya akan sangat senang bila dia (Risma) bisa bertemu dengan Wali Kota Mandalay atau Yangon. ASEAN Mayor Forum bisa menjadi kesempatan terbaik saya kira." 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Angkat Bicara Soal Video Hoaks Risma Protes KPU

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya