Sejumlah Mahasiswa UB Tumbang saat Ospek

Persiapan Rabraw 2023 diaku singkat

Malang, IDN Times - Media sosial Twitter dihebohkan dengan kabar Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Universitas Brawijaya Malang yang menimbulkan banyak korban. Sejumlah mahasiswa yang mengikuti rangkaian RAJA Brawijaya atau Rangkaian Acara Jelajah Almamater Universitas Brawijaya tumbang pada Minggu (13/8/2023).

Ini adalah rangkaian dari Ospek atau pengenalan kampus untuk mahasiswa baru (maba) Universitas Brawijaya 2023. Tahun ini juga merupakan pertama kalinya Ospek UB dilaksanakan secara luring setelah Pandemik COVID-19.

1. Viral mahasiswa ospek UB tumbang dan dirawat

Sejumlah Mahasiswa UB Tumbang saat OspekMahasiswa baru yang tumbang saat mengikuti Rabraw 2023. (Twitter/@JaendralLee)

Ospek Universitas Brawijaya atau hiasa disebut Rabraw 2023 viral karena menimbulkan banyak korban. Melalui akun Twitter @JeandraLee, terlihat sejumlah mahasiswa tumbang dan dirawat usai mengikuti rangkaian kegiatan pada Minggu (13/8/2023) pagi.

"Nih liat akibat ulah panit rabraw 23 yang gajelas, dijemur ampe begini. Mana info papermob h-1. Ospek UB tahun ini kacauu bangett. Panitia semangat evalusi deh," tulis akun tersebut.

Tweet tersebut kini telah dilihat 2,7 juta kali, 23 ribu like, 4.821 kali di-retweet, dan 1.322 kali di-reply. Sebagian besar reply tersebut juga mempertanyakan jalannya Rabraw 2023 sehingga menimbulkan banyak korban. Beberapa reply juga menyebutkan kalau para peserta Rabraw 2023 dijemur sehingga banyak yang tumbang.

Baca Juga: Cacat Terjerat Kabel di Jaksel, Mahasiswa Unibraw Ngadu ke Jokowi

2. Ada sekitar 30 mahasiswa baru yang pingsan

Sejumlah Mahasiswa UB Tumbang saat OspekKonferensi Pers terkait Rabraw 2023. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama))

Ketua pelaksana Raja Brawijaya 2023 Pugoh Ananta Putra mengatakan, ada sekitar 30 mahasiswa baru yang pingsan dalam acara ospek. Penyebabnya, karena beberapa faktor, seperti belum sarapan, penyakit bawaan, dan ada yang tengah penyembuhan pasca operasi.

"Maba yang terkonfirmasi ke saya 30. Kita kroscek lagi dari tim medis ke tim UB. Teman-teman yang sakit akan kita analis, kalau didiagnosa untuk ke RS akan segera kita larikan ke RSUB untuk alur mobilisasi dari teman-teman maba sudah jelas, katanya dalam konferensi pers, Senin (14/8/2023).

Pugoh menuturkan, saat ini tim kesehatan siaga di 11 titik posko, masing-masing ada 6 mobil ambulan. Tim ini dilengkapi oleh teman-teman Lakesma, KSR. "Kemarin memang ada yang sakit tapi ada beberapa hal yang harus dicatat. Terkait temen-temen yang mengalami penyembuhan dan sebgainya," katanya.

3. Penugasan dan atribut yang dinilai terlalu mahal sudah berjalan seperti tahun sebelumnya

Sejumlah Mahasiswa UB Tumbang saat OspekKonferensi Pers terkait Rabraw 2023. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama))

Terkait tugas ospek yang dinilai beberapa pihak terlalu mahal, kata Pugoh itu sudah selaras dengan kebutuhan teman-teman (peserta) juga. "Kita membawa buku kita akan sumbangkan, itu pun buku wajib, terkait pakaian bekas itu selaras program UB green campus dan memang kalau dihitung tidak terhitung terlalu mahal. Bisa dikroscek bersama," katanya.

Sedangkan untuk penugasan yang diinformasikan H-1 kata Pugoh, panitia sudah melonggarkan sampai tanggal 20 Agustus 2023. Penugasan dan atribut sebuah hal yang berbeda, itu memang sudah kita sampaikan juga dan setiap tahun memang seperti itu.

"Tapi memang terkait penugasan kita menunggu data mahasiswa baru juga. Tapi efek untuk menanggulangi itu kita panjangkan jadwalnya. Perpanjangan jadwal sampai tanggal 20, hari Senin ini hanya membawa terkait tugas terkait lima domain IPP tadi yang segera kita daftarkan ke pihak rekor muri," katanya.

Baca Juga: Raih Gelar Kehormatan Unibraw, Surya Paloh Ingatkan Politik Kebangsaan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya