Pria di Kota Batu Tusuk Istri Siri Kemudian Gantung Diri

Diduga karena korban menolak menikah sah dengan pelaku

Batu, IDN Times - Warga Kota Batu digegerkan dengan penemuan jenazah gantung diri seorang pria bernama Mujiono (53) di rumahnya Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Ia ditemukan gantung diri pada Minggu (24/9/2023) oleh warga yang mencarinya.

Diketahui jika sebelum melakukan gantung diri, Mujiono sempat melakukan penusukan pada istri sirinya bernama Titik Rindawati (43). Titik ditusuk di rumahnya sendiri di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumi Aji.

1. Ketua RT ceritakan kronologi awal penusukan yang dilakukan Mujiono pada istri sirinya

Pria di Kota Batu Tusuk Istri Siri Kemudian Gantung DiriLokasi penusukan yang dilakukan Mujiono pada Titik. (Dok. Polres Batu)

Ketua RT.3/RW.4 Desa Pandanrejo, Arif menceritakan jika awal kejadian ini terjadi pada Minggu pagi pukul 07.30 WIB. Saat itu istri Arif didatangi oleh Titik Rindawati setelah berbelanja di pasar. Titik meminta tolong agar rumahnya diawasi karena suami sirinya, Mujiono, akan datang. Ini dikarenakan Titik beberapa hari terakhir sering terlibat cekcok dengan suami sirinya ini, dan amarah Mujiono seringkali membuat Titik ketakutan.

"Korban ini sebelumnya sudah bilang ke istri saya agar mengawasi rumahnya, soalnya suaminya mau datang. Katanya takut kalau terjadi apa-apa saat itu," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (25/9/2023).

Ternyata benar, Mujiono benar-benar datang ke rumah Titik. Mujiono datang menggunakan jaket berwarna merah dan masih menggunakan helm saat masuk ke dalam rumah. Sementara sepeda motornya ditaruh di depan halaman SDN Pandanrejo yang berada di sebelah rumah Titik.

"Sepertinya memang sudah di-setting agar bisa segera kabur, makanya sepeda motornya ditaruh di depan SD dengan mengahadap ke barat. Orang kalau bertamu biasa harusnya kan sepeda diparkir di depan rumah," bebernya.

Beberapa menit kemudian, terdengar suara minta tolong dari kedua anak Titik dari dalam rumah. Warga sekitar langsung berbondong-bondong datang ke arah suara tersebut. Ternyata Titik sudah bersimbah darah akibat luka tusukan di bagian perut. Sementara Mujiono sudah hilang setelah melakukan penusukan.

Warga sekitar kemudian langsung melarikan Titik ke Rumah Sakit (RS) Karsa Husada Kota Batu, untungnya ia berhasil diselamatkan setelah mendapat operasi pada pukul 13.00 WIB. Warga lainnya kemudian menghubungi perangkat desa untuk selanjutnya dilaporkan ke Polsek Bumiaji.

2. Hubungan pasangan suami istri siri ini memang tidak baik, hendak berpisah tapi Mujiono menolak

Pria di Kota Batu Tusuk Istri Siri Kemudian Gantung DiriPisau yang digunakan Mujiono untuk menusuk Titik. (Dok. Polres Batu)

Diketahui jika ternyata Titik dan Mujiono memang tengah dalam suasana tidak baik-baik saja. Titik ingin menceraikan Mujiono karena sudah tidak sanggup dengan pernikahan siri ini. Namun, Mujiono menolak dan sering datang untuk mengancam Titik agar tidak menceraikan dirinya.

"Jadi kalau versi dari pihak keluarga perempuan menjelaskan bahwa Bu Titik ini mau minta putus (cerai). Akan tapi yang laki-laki tidak mau, makanya sering mengancam Bu Titik di rumahnya," bebernya.

Alasan itulah yang diduga membuat Mujiono gelap mata sehingga berusaha menghabisi istri sirinya sendiri. Untungnya peristiwa tersebut segera diketahui kedua anak korban sehingga Titik bisa segera mendapatkan pertolongan. Mujiono sendiri kemudian diburu pihak kepolisian untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

3. Polres Batu menemukan Mujiono sudah gantung diri di rumahnya

Pria di Kota Batu Tusuk Istri Siri Kemudian Gantung Diriilustrasi gantung diri. (pixabay.com/ArtWithTammy)

Setelah mendapat laporan dari pihak desa bahwa terjadi kasus penusukan di Desa Pandanrejo. Jajaran Polsek Bumiaji dan Polres Batu langsung melakukan pengejaran kepada Mujiono. Lokasi pertama yang mereka datangi adalah rumah pelaku di Dusun Beru.

Di sana pihak kepolisian akhirnya menemukan Mujiono, sayangnya ia sudah dalam kondisi tak bernyawa. Ia gantung diri di kamar mandinya. Sontak kejadian ini menggegerkan para tetangga Mujiono.

"Awalnya petugas memanggil pelaku dari luar rumah, tapi tidak ada jawaban. Jadi petugas memaksa masuk rumah pelaku dan menemukan pelaku sudah meninggal dengan cara gantung diri," ucap Kasi Humas Polres Batu, Ipda Trimo.

Dari hasil Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), polisi menyimpulkan jika Mujiono melakukan penusukan beberapa kali pada bagian perut korban. Sehingga Mujiono menduga Titik sudah meninggal dunia, ia kemudian pulang ke rumahnya untuk mengakhiri hidupnya juga.

Motif Mujiono juga diduga karena sakit hati, pasalnya ternyata Mujiono beberapa kali mengajak Titik menikah secara sah di KUA. Namun, Titik menolak dan bahkan berusaha mengakhiri hubungan keduanya. Hal inilah yang menyebabkan Mujiono gelap mata.

Baca Juga: Ibu di Malang Bunuh Anaknya Lalu Gantung Diri

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya