TNI AU Miliki Satuan Baru Pemelihara Mesin Jet Tempur  

Sebagian ber-home base di Lanud Iswahjudi

Magetan, IDN Times – Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meresmikan Depo Pemeliharaan (Depohar) 80, Satuan Pemeliharaan (Sathar) 24, 43, 54, 55, 81,82, dan 83 di pelataran pesawat utama Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Rabu (31/7).

Satuan baru di tubuh TNI AU itu bertugas melakukan pemeliharaan utama sistem persenjataan (alutsista) yang kian bertambah. Khusus untuk maintenance mesin atau engine jet tempur ditangani personel Depohar 80 dan satuan di bawahnya, yakni Sathar 81,82,dan 83 yang ber-home base di Lanud Iswahjudi.

1. Sebelumnya tugas menumpuk di satuan teknik lama

TNI AU Miliki Satuan Baru Pemelihara Mesin Jet Tempur  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Yuyu mengatakan bahwa tugas dari Depohar 80 dan satuan di bawahnya ini melaksanakan pemeliharaan tingkat berat engine pesawat tempur, komponnen, alat uji, dan fabrikasi. Adapun jenis pesawat yang di-maintenance di satuan itu seperti F-16, Hawk-109/209. T50i Golden Eagle, dan Su 27/30.

Keberadaan Depohar 80 ditargetkan mampu mengurangi beban kerja satuan teknik yang selama ini dobel pekerjaan, termasuk melakukan pemeliharaan engine pesawat tempur. “Harus melalukan pemisahan antara skadron teknik dengan depohar biar lebih fokus melakukan pemeliharaan engine pesawat. Lebih fokus, lebih teliti, kualitas akan lebih terjamin,” Yuyu menjelaskan.

2. Personel tetap bertugas meski jumlahnya minimal

TNI AU Miliki Satuan Baru Pemelihara Mesin Jet Tempur  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Disinggung tentang personel yang bertugas di Depohar 80 TNI AU dan satuan baru itu, ia menyatakan diambilkan dari satuan lain yang memiliki kemampuan di bidang teknik. Mereka sudah mengikuti sejumlah pelatihan baik di dalam maupun luar negeri. Ke depan, pengisian personel akan terus dilakukan secara bertahap.

‘’Mudah-mudahan 3 sampai 5 tahun ke depan kebutuhan personel di depo bisa terpenuhi. Sekarang yang penting bisa melaksanakan tugas walaupun dengan minimal,” kata dia.

3. Pemeliharaan tingkat sedang di Sathar luar Lanud Iswahjudi

TNI AU Miliki Satuan Baru Pemelihara Mesin Jet Tempur  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Adapun Sathar lain, yakni 24 di bawah Depohar 20, Sathar 43 di bawah Depohar 40, Sathar 54 dan 50 di bawah Depohar 50 juga ikut diresmikan. Dalam kesempatan yang sama, Kasau juga melantik pejabat yang memimpin satuan baru di tubuh TNI AU itu.

Sathar 24 di bawah Depohar 20 bertugas memelihara dan perbaikan tingkat sedang dan berat untuk peralatan ACMI (Air Combat Maneuvering Instrumentation). Selain itu, pemeliharaan dan perbaikan tingkat sedang dan berat PTTA serta pemeliharaan Instrument Flight Simulator.

Sathar 43 di bawah Depohar 40, mempunyai tugas melaksanakan perbaikan atau perbaikan dan produksi terbatas simulator, komputer. Adapun pembentukan Sathar 54 dan 55 Depohar 50 sebagai pelaksana perbaikan komponen, card, module, unit dan uji fungsi peralatan radar Master-T. juga memperbaiki komponen, card, module, unit dan uji fungsi peralatan non surveillance radar.

Baca Juga: Deretan Pesawat Tempur Tercanggih Dunia. Indonesia Punya yang Mana? 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya