Sekitar 700 Pendaki Ikuti Upacara HUT RI di Puncak Gunung Lawu  

Berangkat dari Cemoro Sewu, Magetan

Magetan, IDN Times - Sejumlah puncak gunung menjadi tujuan bagi para pecinta alam untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 RI. Salah satunya di Hargo Dumilah, puncak tertinggi Gunung Lawu yang berada di wilayah Magetan, Ngawi, dan Karanganyar (Jawa Tengah). 

Jalur pendakian menuju puncak gunung  dari Pos Cemoro Sewu, Magetan dilewati sekitar 700 orang. Jumlah itu berdasarkan pendataan petugas tiket di lokasi tersebut pada Jumat (16/8) hingga pukul 17.00 WIB. 

"Cuaca cerah dan cukup aman terkendali" kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan Fery Yoga Saputra, Jumat (16/8) malam. 

1. Jumlah pendaki diprediksi bakal terus bertambah

Sekitar 700 Pendaki Ikuti Upacara HUT RI di Puncak Gunung Lawu  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara, Junior Manager Bisnis Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu Dan Sekitarnya (KPH Lawu DS), Khaidir mengatakan jumlah pendaki yang naik melalui jalur Cemoro Sewu diprediksi bakal bertambah dengan total sekitar 1.000 orang. Perkiraan itu berdasarkan kebiasaan sejumlah pendaki yang mulai masuk jalur pendakian pada malam hari. 

Setelah mencapai puncak dengan estimasi perjalanan sekitar enam jam, sejumlah pendaki memiliki kebiasaan melihat matahari terbit. Beberapa saat kemudian, mereka menggelar upacara yang rangkaiannya hanya pengibaran dan penghormatan bendera merah putih. 

2. Pendaki diharapkan mempersiapkan perbekalan

Sekitar 700 Pendaki Ikuti Upacara HUT RI di Puncak Gunung Lawu  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Khaidir mengimbau para peserta upacara yang melakukan pendakian mempersiapkan perbekalan. Demikian halnya dengan tim relawan atau komunitas yang memantau kegiatan tahunan di puncak gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl itu. 

"Untuk keamanan kami bekerjasama dengan BPBD Magetan, Kepolisian, Paguyuban Giri Lawu, dan LMDH yang disiagakan di tiap-tiap pos pendakian," ujar dia. 

3. Pendaki dilarang membuat perapian

Sekitar 700 Pendaki Ikuti Upacara HUT RI di Puncak Gunung Lawu  IDn Times/Nofika Dian Nugroho

Selain untuk keamanan, tim gabungan itu juga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan yang rawan terjadi. Personel yang siaga di pos pendakian 1 - 5 juga telah memasang banner peringatan tentang pencegahan Kebakaran. Salah satu isinya menyatakan pendaki dilarang membuat perapian jalur pendakian.

Antisipasi itu untuk menghindari kebakaran hutan yang beresiko terhadap para pendaki. Dengan demikian, peristiwa yang mengakibatkan sejumlah pendaki meninggal tidak terulang seperti yang terjadi pada 2015 silam. 

Baca Juga: Sekitar 40 Ha Lahan Gunung Arjuno Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya