Comscore Tracker

Rawan Longsor, Lereng Gunung Wilis di Madiun Ditanami Akar Wangi 

Ada 7000 polybag akar wangi yang ditanam

Madiun, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun mulai merealisasikan penanaman akar wangi atau vetiver sebagai alternatif pencegahan bencana alam. Kali pertama, tanaman rumput dengan akar serabut itu ditanam di lahan kritis wilayah Dusun Dolog, Desa Cermo, Kecamatan Kare, Senin (22/3/2021).

Sebanyak 7.000 akar wangi dalam polybag dipindahkan ke lahan di lereng Gunung Wilis yang rawan terjadi longsor. Sebab, kondisinya miring dan tidak ada tanaman yang mampu menyerap air hujan. "Ada 4.000 vetiver yang ditanam di sini, sisanya di titik lain," kata Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro di sela kegiatan penanaman.

1. Akar wangi dinyatakan memiliki kemampuan menyerap air secara baik

Rawan Longsor, Lereng Gunung Wilis di Madiun Ditanami Akar Wangi dekoruma.com

Kegiatan itu dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun dan jajarannya. Selain itu, sejumlah elemen masyarakat seperti relawan dan taruna tanggap bencana (tagana). Mereka menanam akar wangi dengan cara bergotong royong.

Menurut Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro, vetiver sengaja dibudidayakan karena memiliki kemampuan menyerap air secara baik. Apalagi, akarnya mampu menembus tanah dengan kedalaman 3 - 4 meter.

2. juga untuk melindungi sumber mata air

Rawan Longsor, Lereng Gunung Wilis di Madiun Ditanami Akar Wangi Lokasi penanaman akar wangi di wilayah Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Selain mencegah tanah longsor, bupati mengatakan, penanaman vetiver diharapkan mampu melindungi mata air di sekitar lokasi kegiatan. Keberadaan sumber air itu memiliki peran penting bagi warga setempat, terutama untuk memenuhi kebutuhan konsumsi.

Apalagi, mata air di sana seringkali mengering ketika musim kemarau. Kondisi ini karena lahannya tandus dan tidak mampu menyimpan air. "Saat hujan, air dari atas langsung menuju ke bawah," ucap Kaji Mbing.

Baca Juga: Ketika Jokowi dan Kepala BNPB Ngobrol Bahas Akar Wangi di Pesawat

3. Dua wilayah kecamatan lain juga ditanami vetiver

Rawan Longsor, Lereng Gunung Wilis di Madiun Ditanami Akar Wangi irwan photo

Kondisi serupa juga terjadi di kecamatan lain yang masih berada di kawasan lereng Gunung Wilis, yakni Gemarang. Selain itu, di lereng Gunung Pandan, yaitu Saradan. Oleh karena itu, vetiver juga akan ditanam di sejumlah titik yang termasuk rawan tanah longsor tersebut.

Adapun pelaksanaan penanaman dilangsungkan secara bertahap. Ini setelah jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun melakukan penanaman perdana di Desa Cermo, Kecamatan Kare.

Baca Juga: Alternatif Cegah Banjir dan Longsor, Madiun Bakal Tanam Akar Wangi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya