Comscore Tracker

Pembasahan Masih Berlangsung di Pasar yang Terbakar di Madiun 

Terkendala bahan yang mudah terbakar

Madiun, IDN Times - Petugas pemadam kebakaran masih melakukan pembasahan di Pasar Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun yang terbakar Minggu (4/9/2022) siang. Mereka menyemprotkan air ke tumpukan material yang telah hangus dan masih mengeluarkan asap hingga Senin pagi (5/9/2022).

Kondisi ini diprediksi masih dapat kembali memicu sumber api lantaran belum benar-benar padam. Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Madiun, Hartoyo mengatakan bahwa hal itu yang menjadi kendala sehingga pembasahan masih harus dilakukan. "Bahan-bahan mudah terbakar," ujar dia, Senin (5/9/2022).

1. Api diduga muncul dari Blok H

Pembasahan Masih Berlangsung di Pasar yang Terbakar di Madiun Petugas pemadam kebakaran Pemkab Madiun masih melakukan pembasahan di Pasar Dungus, Kecamatan Wungu yang terbakar. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Material yang hingga kini masih mengeluarkan asap seperti tumpukan kertas, plastik, kain, sembako, dan kayu di bekas kios mapun los. Lapak pedagang itu juga ludes terbakar setelah api merambat dengan cepat kemarin.

Api diduga pertama kali muncul dari Blok H akibat korsleting listrik. Prediksi lain penyebab kebakaran itu karena adanya warga sengaja membakar sampah. Namun, orang yang diduga melakukan tidak mematikannya. 

Baca Juga: Pasar di Madiun Terbakar, Kerugian Lebih dari Rp1,3 Miliar

2. Pendataan kerugian masih dilakukan

Pembasahan Masih Berlangsung di Pasar yang Terbakar di Madiun Satu unit mobil pemadaman kebakaran melakukan penyemprotan ke titik sumber api di Pasar Dungus, Madiun yang terbakar Minggu (4/9/2022). Dok.IDN Times/Istimewa

Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa akibat kebakaran itu. Namun demikian, nilai kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Untuk bangunan pasar,misalnya, anggaran yang dikeluarkan pihak Pemkab Madiun Rp 1,3 miliar pada proyek pembangunan beberapa tahun lalu.

Nominal itu belum termasuk kerugian seluruh barang milik pedagang di kios maupun los pasar tradisional yang berlokasi di jalan raya Madiun - Kare itu. Hingga kini, petugas dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakop dan UM) masih melakukan pendataan.

3.Wacanakan pasar darurat

Pembasahan Masih Berlangsung di Pasar yang Terbakar di Madiun Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Kabupaten Madiun masih melakukan pembasahan di Pasar Dungus, Kecamatan Wungu yang terbakar pada Minggu (4/9/2022). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sekretaris Disperdakop dan UM Kabupaten Madiun, Agus Suyudi mengatakan bahwa pihaknya juga mulai mewacanakan pasar darurat bagi para pedagang. Untuk lokasinya masih akan dibahas lebih lanjut dengan pihak terkait, termasuk perwakilan pedagang. 

"Jelas akan direlokasi sambil menunggu bantuan keuangan untuk pembangunan pasar lagi. Untuk lokasi penampungan sementara masih akan dibahas dengan para pihak terkait lebih lanjut," Agus menjelaskan.

Baca Juga: Pengunjung Lapas Madiun Ini Ganti Koya Soto Ayam dengan Narkoba

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya