Kereta Wijayakusuma Anjlok di Magetan

Perjalanan lima kereta alami keterlambatan

Magetan, IDN Times - Kereta api Wijayakusuma anjlok di sekitar Stasiun Barat, Kabupaten Magetan pada Selasa (5/11) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, perjalanan sejumlah kereta yang melintasi jalur selatan wilayah kerja PT KAI Daop 7 Madiun mengalami keterlambatan. 

1. Lima kereta tertahan di beberapa stasiun

Kereta Wijayakusuma Anjlok di MagetanKereta Wijayakusuma Anjlok di dekat Stasiun Barat, Kabupaten Magetan, Selasa (5/11) malam. Dok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan data dari PT KAI hingga sekitar pukul 23.00, ada lima kereta yang jadwal perjalanannya molor. Kereta itu adalah Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen yang terlambat 77 menit.Selain itu, Mutiara Selatan relasi Bandung – Malang molor 107 menit. Kedua kereta itu tertahan di Stasiun Madiun.

Sedangkan kereta Majapahit yang tertahan di Stasiun Caruban mengalami keterlambatan 56 menit. Untuk kereta Malioboro Express tertahan di Stasiun Kedunggalar dengan keterlambatan 58 menit. Sedangan kereta Gayabaru telat 84 menit dan tertahan di Stasiun Paron.

2. Penumpang diangkut bus untuk melanjutkan perjalanan

Kereta Wijayakusuma Anjlok di MagetanSejumlah penumpang kereta api Wijayakusuma yang anjlok sedang menunggu bus sebagai armada angkutan yang disiapkan PT KAI untuk mengangkut mereka ke daerah tujuan. Dok. IDN Times/Istimewa

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta tersebut. Ia menyatakan kejadian itu merupakan suatu hal yang tidak disengaja. Oleh karena itu upaya penanganan dilakukan untuk tetap memberikan pelayanan kepada penumpang.

Sebanyak 151 penumpang terpaksa dipindahkan ke bus untuk dapat meneruskan perjalanan. Service recovery berupa makanan ringan, serta layanan pembatalan tiket bagi penumpang yang tidak melanjutkan perjalanan juga diberikan.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut yang mengakibatkan perjalanan menjadi tidak nyaman dan terganggu,” ujar Ixfan.

Baca Juga: Mulai Besok, Kereta Bandara Resmi Beroperasi dari Stasiun Manggarai

3. PT KAI selidiki penyebab anjloknya kereta api

Kereta Wijayakusuma Anjlok di MagetanProses evakuasi kereta Wijayakusuma yang anjlok di dekat Stasiun Barat, Kabupaten Magetan, Rabu (6/11). Dok.IDN Times/istimewa

Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi dua kereta yang anjlok masih dijalankan. Upaya ini dengan menggunakan Crane Kirow dari Stasiun Solo Balapan. Adapun penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan tim PT KAI. Sejumlah saksi, seperti kru kereta dimintai keterangan.

“Untuk penyebab kejadian masih dalam pengusutan,” kata Ixfan. Selain itu, pihak PT KAI melakukan evaluasi dari kondisi kereta maupun rel yang dilintasi.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal dan Rute Baru Kereta Api Daop 8 Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya