Comscore Tracker

Bangunan Penyimpan Alat Pramuka di Pondok Gontor 2 Ponorogo Terbakar  

Belum diketahui dugaan penyebab sumber api

Ponorogo, IDN Times - Sebuah bangunan di kawasan Pondok Modern Darussalam Gontor 2 di jalur Ponorogo - Pacitan yang masuk wilayah Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo terbakar, Selasa (21/1) siang. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut.

Kabid Ketertiban Umum, Ketentramam Masyarakat dan Pemadam Kebakaran Satpol PP, Kabupaten Ponorogo, Siswanto mengatakan bahwa kejadian itu kali pertama diketahui sekitar pukul 11.30 WIB. Api muncul dari bagian atap ruangan penyimpan alat Pramuka.

1. Santri ikut padamkan api sebelum petugas datang

Bangunan Penyimpan Alat Pramuka di Pondok Gontor 2 Ponorogo Terbakar  Kondisi bangunan penyimpan alat pramuka di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Ponorogo Terbakar, Selasa (21/1). Dok.IDN Times/Istimewa

Sejumlah santri yang mayoritas sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas dekat lokasi kejadian semburat ke luar ruangan. Mereka bersama para pengajar bahu membahu berusaha memadamkan api dengan cara manual, yakni menyiramkan air yang ditampung dengan ember.

"Ada yang naik tangga untuk memadamkan api di bagian atap," ujar Siswanto saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler.

2. Empat mobil pemadam kebakaran diterjunkan

Bangunan Penyimpan Alat Pramuka di Pondok Gontor 2 Ponorogo Terbakar  Sejumlah santri sedang menyaksikan kebakaran ruang penyimpan peralatan pramuka di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Ponorogo. Dok. IDN Times/Istimewa

Sesaat kemudian, informasi terjadinya kebakaran menyebar. Hingga akhirnya, tiga mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Ponorogo tiba di lokasi kejadian. Upaya penyiramam air dilakukam untuk memadamkan api.

Tidak hanya itu, satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pondok Gontor juga terjun ke lokasi. Demikian halnya tiga mobil tangki air milik BPBD yang menyediakan pasokan air juga ikut turun tangan.

Baca Juga: Berkunjung ke Gontor, JK: Pondok Modern  yang Dinamis  

3. Mayoritas peralatan Pramuka terbakar

Bangunan Penyimpan Alat Pramuka di Pondok Gontor 2 Ponorogo Terbakar  Ruang penyimpan alat pramuka di kawasan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo terbakar, Selasa (21/1) siang. Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut Siswanto, upaya pemadaman terkendala banyaknya sekat di dalam bangunan. Selain 12 penyimpan alat pramuka, juga terdapat dua ruang pembina kegiatan kepanduan di pondok modern itu. 

Meski demikian, selang dua jam kemudian petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. "Sebagian besar alat pramuka seperti tenda, tongkat dan yang lain terbakar. Tapi bangunan utuh," kata Siswanto sembari menyatakan atap gedung yang terbakar berbahan galvalum. 

Baca Juga: Musim Hujan, Jalur Utama Pacitan - Ponorogo Rawan Longsor

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya