Comscore Tracker

Tahun Baru, Penumpang dari Bali Menuju Jawa Capai 53.926 Orang

Jumlah orang yang ke Jawa lebih banyak dibandingkan ke Bali

Banyuwangi, IDN Times - PT ASDP Ketapang Gilimanuk mencatat jumlah penumpang yang menyeberang dari Pulau Bali menuju Jawa mencapai 53.926 pada hari libur nasional Tahun Baru, Rabu (1/1). Jumlah tersebut terpantau selama 24 jam hingga pukul 08.00 WIB tadi, Kamis (2/1).

1. Paling banyak selama musim libur Natal dan Tahun Baru

Tahun Baru, Penumpang dari Bali Menuju Jawa Capai 53.926 OrangIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Jumlah tersebut tercatat paling banyak sejak musim libur natal dan tahun baru selama hampir dua pekan terakhir. Sementara sehari sebelumnya pada malam tahun baru, jumlah penumpang masih 27.808 orang.

General Manager ASDP Cabang Ketapang-Gilimanuk, Fahmi Alweni mengatakan sebanyak 53.926 penumpang yang menyeberang dari Bali menuju Jawa pada hari ini, tercatat mengalami kenaikan 28 persen dibandingkan tahun lalu pada hari yang sama.

Dari jumlah penumpang tersebut, pihak ASDP mengoperasikan 31 armada kapal dengan total 248 trip.

"Kami siapkan 32 kapal yang beroperasi. Sementara saat ini sekitar ada 56 kapal yang ada di pelabuhan ASDP Ketapang," kata Fahmi.

Selain itu pihaknya juga menambah jumlah loket masuk untuk kendaraan roda dua dan empat untuk mengantisipasi kepadatan antrean.

"Loket masuk untuk kendaraan roda dua dan empat masing- masing ditambah 10 unit," ujarnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk, H-5 Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang Turun Drastis 

2. Jumlah roda empat mendominasi

Tahun Baru, Penumpang dari Bali Menuju Jawa Capai 53.926 OrangSuasana Pelabuan Ketapang, Banyuwangi, Rabu pagi (1/1). (IDN Times/Mohamad Ulil Albab)

Di sisi lain, jumlah pengguna kendaraan roda empat pada hari H tahun baru mendominasi hingga 6.483 unit dibanding jenis kendaraan lain. Pengguna kendaraan roda dua sendiri hanya mencapai 3.630 unit.

3. Jumlah penumpang ke Bali jauh lebih sedikit

Tahun Baru, Penumpang dari Bali Menuju Jawa Capai 53.926 OrangPelabuhan Ketapang, Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Dari arah sebaliknya, jumlah penumpang dari Pulau Jawa menuju Bali pada hari tahun baru, jauh lebih sedikit, yakni 23.713 orang. Dari jumlah tersebut, pengguna roda empat dan roda dua hampir sama. Roda dua sebanyak 2.592 unit dan roda empat 2.546 unit.

Baca Juga: BPBD Banyuwangi Sebut 9 Kecamatan di Banyuwangi Rawan Banjir

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya