Sambil Kampanye Gemar Makan Ikan, Menteri Susi ketagihan durian Banyuwangi

Konsumsi ikan di Jawa Timur masih dibawah rata rata

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, datang ke Kabupaten Banyuwangi untuk mengkampanyekan gemar makan ikan di Pondok-pondok pesantren. Sebelum berkunjung ke pondok pesantren di Banyuwangi, Susi disambut di Pendopo Sabha Swagata Blambangan untuk menikmati sajian kuliner dan buah durian di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (3/11).

Baca Juga: Ke Banyuwangi, Ma'ruf Amin Ziarah Makam Pendiri Ansor

1. Duriannya enak, makanannya enak

Sambil Kampanye Gemar Makan Ikan, Menteri Susi ketagihan durian BanyuwangiIDN Times/Humas Banyuwangi

Menteri Susi datang ke Banyuwangi saat puncak musim durian. Salah satu varietas durian pelangi menjadi pilihan yang dia nikmati. Tidak hanya itu, Susi juga tampak menikmati buah manggis dan kopi lokal Banyuwangi.

"Kebetulan diundang Bupati Banyuwangi, tempatnya enak, kulinernya enak, duriannya enak. Duriannya enak sekali, saya bisa ketagihan ke Banyuwangi gara-gara durian. Enak benar duriannya,," kata Susi.

2. Mampir ke pondok untuk kampanye gemar makan ikan

Sambil Kampanye Gemar Makan Ikan, Menteri Susi ketagihan durian BanyuwangiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Setelah menikmati buah durian, Susi kembali melanjutkan tujuan utamanya ke Banyuwangi, yakni mengkampanyekan gemar makan ikan di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Pondok pesantren, jadi pilihan kampanye gemar makan ikan karena tingkat konsumsinya masih di bawah rata-rata nasional.

"Intinya mengkampanyekan gemar makan ikan. Dan pondok rate makan ikannya rendah," jelasnya.

3. Jawa Timur konsumsi ikannya masih di bawah rata-rata

Sambil Kampanye Gemar Makan Ikan, Menteri Susi ketagihan durian BanyuwangiDok. IDN Times/Humas Banyuwangi

Susi mengatakan, roadshow ke Pondok-pondok pesantren sudah rutin dia lakukan sejak satu setengah tahun lalu, terutama di kawasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dinilai konsumsi ikannya masih sangat rendah dari target.

"Kemarin di Probolinggo, hari ini Situbondo, ke pesantren-pesantren, sudah dimulai sejak tahun setengah lalu di (Pondok) Gontor, Tebu Ireng, dan lain-lain. Intinya untuk mengkampanyekan gemar makan ikan. Statistik wilayah di Jawa Tengah, Jatim itu sangat kurang makan ikannya. Jauh dibawah rata-rata nasiona," jelasnya.

Di Banyuwangi, Susi dijadwalkan hadir ke pondok pesantren Darussalam Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Bersama ribuan santri, Susi mengajak mereka menjadikan ikan sebagai lauk sehari-hari mereka.

Baca Juga: Ratusan Generasi Milenial Belajar Masa Depan Pariwisata di Banyuwangi

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya