Comscore Tracker

Rampas Motor Korban, Marinir Gadungan Ditangkap Polsek Banyuwangi

Untuk meyakinkan korban, ia punya tato "Marinir" di lengan

 

Banyuwangi, IDN Times - Seorang pria paruh baya, yang mengaku sebagai anggota Marinir, Yono Fariyanto (52) tampak lesu setelah ditangkap satuan Polsek Banyuwangi Kota. Sebelum ditangkap, Yono masih tampak gagah mengenakan pakaian Marinir, lengkap beserta atribut pangkat dan senjata. Tidak tanggung-tanggung, warga asal Kebalenan Banyuwangi ini juga melengkapi dirinya dengan Kartu Anggota (KTA) TNI Angkatan Laut, belakangan terbukti palsu.  

 

1. Marinir abal-abal merampas sepeda motor

Rampas Motor Korban, Marinir Gadungan Ditangkap Polsek BanyuwangiIDN Times/Ulil Albab

Yono berhasil diamankan Polisi Kamis dini hari, sekitar pukul 03.30 WIB dengan keadaan masih mengenakan seragam Marinir. Dia ditangkap Polisi setelah mendapat laporan dari belasan korban yang menyatakan telah mengambil motor, menggadaikan sejumlah surat kendaraan, dan meminta uang.  

"Saat ini sudah ada 11 korban yang melapor ke Polisi dan sudah kami terima. Kami masih menunggu laporan lain. Pelaku kami tangkap dengan seragam masih dikenakan saat dini hari," ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, di Mapolsek Banyuwangi, Kamis (15/11).  

2. Seragam Marinir dibeli dari Jakarta

Rampas Motor Korban, Marinir Gadungan Ditangkap Polsek BanyuwangiIDN Times/Ulil Albab

Dari hasil penyidikan, pelaku mendapatkan seragam Marinir dari Jakarta. Dari hasil koordinasi dengan TNI AL Banyuwangi, Yono dipastikan merupakan Marinir abal-abal. "Seragam dibeli lama dari Jakarta. Dan dia adalah residivis, sudah keluar masuk penjara di kota-kota Jawa Timur," katanya.  

Kapolres melanjutkan, tersangka melakukan modus dengan seragam Marinir, salah satunya saat di jalanan. Dia menghentikan pengendara sepeda motor di jalanan untuk minta dibonceng ke suatu tempat, kemudian berupaya merayu seperti memberi uang kepada korban. "Setelah itu korban ditinggal dan motornya dibawa kabur," ujarnya.  

Baca Juga: Asrama Inggrisan, Penghubung Banyuwangi-Australia yang Tak Terawat

3. Menunjukkan totalitas, hingga menato lengannya bertuliskan "Marinir"

Rampas Motor Korban, Marinir Gadungan Ditangkap Polsek BanyuwangiIDN Times/Ulil Albab

Saat ini, polisi telah mengamankan sejumlah barang bukti yang didapat di rumah pelaku, mulai dari baju angkatan laut, sepatu dinas AL, topi marinir dan KTA palsu. Sejumlah surat-surat kendaraan sepeda motor juga diamankan. Polisi menduga, surat-surat kendaraan tersebut digunakan untuk melakukan aksi kejahatan.  

Tidak tanggung-tanggung, Yono juga mentato tubuhnya dengan tulisan Marinir di bagian lengannya. Dari situ, Yono diduga sudah menyiapkan segalanya dengan matang untuk alat melakukan aksi kejahatan.  

Sementara itu, Komandan Dandenpom (PM) Lanal Banyuwangi, Tony Seolarso menambahkan, Yono dinyatakan tidak terbukti sebagai anggotanya. "Enggak ada sama sekali, tidak ada hubungan dengan TNI AL. Semua tidak asli, pemalsuan data sipil yang mengaku TNI AL," kata Tony. 

AKibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Kasus tersebut saat ini telah dilimpahkan ke Polres Banyuwangi untuk dilakukan pendalaman. Polisi menyebut masih banyak korban yang belum terungkap dan melapor ke polisi. 

Baca Juga: Kisah Sertu Marinir Hendra Syahputra Temukan Black Box Lion Air JT 610

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya