Comscore Tracker

Korban Luka Bakar Erupsi Semeru Mulai Jalani Operasi

Korban alami luka bakar serius level 2

Lumajang, IDN Times - Erupsi Gunung Semeru yang berlangsung Sabtu (4/12/2021) kemarin, mengakibatkan 41 orang mengalami luka bakar akibat abu vulkanik. Setidaknya dari 41 orang korban luka, 22 orang warga mengalami luka bakar level II.

1. Butuh tindakan operasi

Korban Luka Bakar Erupsi Semeru Mulai Jalani Operasi(Ilustrasi dirawat di rumah sakit) IDN Times/Sukma Shakti

Dari 41 korban luka bakar, sebanyak 22 orang mengalami luka serius level II dan telah dirawat di RSUD Haryoto, RS Bhayangkara, dan RSUD Pasirian.

Direktur RSUD Pasirian, dr. Wawan Arwijanto mengatakan saat ini terdapat 16 pasien yang dirawat. Pihaknya telah melakukan tindakan operasi kepada satu orang pasien, dan 6 orang pasien dijadwalkan pada hari ini.

"Saat ini ada 16 pasien. Kebanyakan luka bakar. 1 orang luka terbuka di kepala sudah dioperasi tadi malam. Sementara 6 orang lainnya dijadwalkan operasi hari ini. Selebihnya juga perawatan luka bakar," ujar Wawan saat dihubungi IDN Times, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Bertambah, Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru Jadi 2 Orang

2. 2 orang ibu hamil dirawat di Puskesmas

Korban Luka Bakar Erupsi Semeru Mulai Jalani Operasiilustrasi ibu hamil (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, dari 22 orang yang dirujuk ke RS, 19 orang di antaranya dirawat Puskesmas. 7 orang dirawat di Puskesmas Candipuro, 10 Orang dirawat di Puskesmas Penanggal dan 2 Orang Ibu Hamil di Puskesmas Penanggal.

3. Luka bakar level 2

Korban Luka Bakar Erupsi Semeru Mulai Jalani Operasiilustrasi perawatan luka bakar (healtheuropa.eu)

Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Kemenkes, Eka Yusuf Singka mengatakan, sebagian besar korban mengalami luka bakar yang cukup parah level 2.

"Korban yang cukup parah, di Pasirian, Penanggal. Upaya pertama melakukan mengembalikan cairan. Rata rata alami luka bakar level 2," katanya saat konferensi pers yang digelar BNPB secara virtual, Sabtu malam (4/12/2021).

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi Diduga Picu Lenturnya Dinding Lava Semeru 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya