Korban Perkosaan, Perempuan di Banyuwangi Buang Janin ke Sumur

Perempuan itu masih di bawah umur

Banyuwangi, IDN Times - Seorang perempuan yang masih berusia 14 tahun di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi membuang janin yang di kandungnya ke sumur. Janin tersebut dibuang ke sumur setelah dilahirkan di toilet sebuah klinik. Belakangan diketahui ia merupakan korban perkosaan oleh tetangganya sendiri.

1. Perempuan itu ke toilet, ternyata melahirkan bayi

Korban Perkosaan, Perempuan di Banyuwangi Buang Janin ke Sumurilustrasi bayi baru lahir (pexels.com/Christian Bowen)

Peristiwa bermula saat perempuan itu merasa pusing dan sakit pada bagian perut. Ia kemudian memeriksakan diri ke sebuah klinik. Saat menunggu daftar antrean, dirinya pergi ke toilet. Belakangan diketahui ternyata ia sedang hamil dan melahirkan di toilet. Peristiwa pembuangan janin bayi ke sumur terekam dalam video CCTV pada pukul 09.00 WIB, Jumat (10/9/2021).

"Terlihat dari CCTV dia masuk ke kamar mandi, setelah itu dia membuang sesuatu ke tempat sampah, gak jadi terus dia membuang ke sumur di klinik," ujar
Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi AKP Mustijat Priyambodo, Jumat malam (10/9/2021).

2. Pihak klinik pun lapor ke polisi

Korban Perkosaan, Perempuan di Banyuwangi Buang Janin ke SumurIlustrasi bayi. (Pexels.com/Benji Aird)

Mengetahui ada bercak darah ke arah sumur, pihak klinik lantas melapor kejadian tersebut ke Polsek. Polisi menduga, pelaku melakukan perbuatannya karena panik.

"Habis itu (Ibu bayi dalam CCTV) menghilang, terus pihak klinik lapor ke Polsek, dan memang benar ada janin yang dibuang ke sumur, dievakuasi oleh Basarnas terus, ditelurusi di rumah korban," ujarnya.

Jenazah bayi telah dievakuasi dari sumur dan dibawa ke RSUD Blambangan untuk dilakukan visum. Polisi juga telah mendatangi rumah korban untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Sebelum dibuang, kondisi janin telah meninggal.

Baca Juga: Jaga Adab, Jangan Lakukan 5 Hal Ini saat Mengunjungi Bayi Baru Lahir

3. Ia merupakan korban pemerkosaan oleh tetangganya sendiri

Korban Perkosaan, Perempuan di Banyuwangi Buang Janin ke SumurIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, setelah mendapat laporan, polisi langsung melakukan pemeriksaan. Hasilnya, diketahui bahwa perempuan itu merupakan korban pemerkosaan oleh tetangganya sendiri. Tak lama setelah itu, polisi pun menangkap pelaku.

"Tersangka sudah diamankan, ternyata tetangga korban inisial SW umur 60. Sudah diamankan 2 jam setelah kejadian, dan telah kami lakukan pemeriksaan," ujar saat dihubungi, Jumat malam (10/9/2021).

Sebaliknya, lanjut Nasrun, sang perempuan akan mendapatkan perlindungan. Selain masih anak-anak, ia juga menjadi korban. Ia diduga tega membuang janinnya karena panik.

"Korban anak anak, jadi dilindungi identitas. Anak anak di bawah umur, statusnya diversi restorasi, jadi kita lindungi, melalui mediasi. Pelaku kita proses, tetangganya sendiri, korban dirayu, intinya dikerjai sama laki laki. Di situ ada persetubuhan anak di bawah umur. Pelaku persetubuhan kami proses," ujarnya.

Baca Juga: Janin Ditemukan di Septic Tank Hotel Surabaya, Ternyata Hasil Aborsi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya