Warga Surabaya Temukan Penyu di Sungai

Lah kok bisa di sungai ya ?

Surabaya, IDN Times - Warga Surabaya menemukan penyu jenis sisik di sungai Jalan Gunung Anyar. Penyu tersebut telah diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA). 

Dikutip dari Instagram @command center 112, penyu tersebut ditemukan oleh warga saat warga memancing di sungai, Selasa (12/9/2023) pukul 02.25 WIB. Penyu tersebut terjebak di gundukan lumpur.

Warga yang sudah mengevakuasi penyu tersebut, menghubungi 112 untuk mendapat pertolongan. Setelahnya, petuga  mengevakuasi penyu kemudian  diserahkan ke BBKSDA, dikarenakan penyu termasuk hewan yang dilindungi dan jenis penyu sisik juga termasuk yang terancam punah.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam wilayah 3 BBKSDA Jatim, Gatut Panggah Prasetyo mengatakan, pihaknya telah menerima penyu tersebut. Kini penyu sudah berada di kandang transit BBKSDA. 

"Sepertinya sudah diserahkan ke kandang transit balai besar," ujar Gatut kepada IDN Times, Selasa (12/9/2023). 

Gatut menyebut, sungai bukan merupakan habitat penyu. Habitat penyu berada di laut. 

"Kalau jenis penyu (habitat) di laut mbak," kata dia. 

Gatut menegaskan, pihaknya belum mendapatkan informasi detail mengapa penyu tersebut bisa berada di sungai. Selama ini, dirinya belum pernah menemukan ada penyu di sungai. 

"Kemungkinan (penyu akan segera dilepasliarkan (ke habitat asal), pungkas dia. 

Baca Juga: Polisi Masih Periksa Pelaku Penabrak Polisi dan Jurnalis di Surabaya 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya