Warga Muhammadiyah Jatim Salat Id dan Sembelih Hewan Kurban Hari Ini

Siap-siap nyate guys!

Surabaya, IDN Times - Warga Muhammadiyah di seluruh Jawa Timur telah menggelar salat Idul Adha hari ini, Sabtu (9/10/2022). Sebagian juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban hari ini.

1. Warga Muhammadiyah serentak laksanakan salat Idul Adha

Warga Muhammadiyah Jatim Salat Id dan Sembelih Hewan Kurban Hari IniIlustrasi salat Idul Adha. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim), Tamhid Mashudi menuturkan, pelaksanaan salat Idul Adha tersebut dilakukan serentak oleh warga Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Pasalnya, Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijah jatuh pada hari ini.

"Surabaya banyak (jemaah), Sidoarjo juga banyak," ujar Tamhid kepada IDN Times.

Kebanyakan, salat Idul Adha dilaksanakan di tanah lapang atau di jalan raya. Hal tersebut karena cuaca dirasa cerah, sehingga dimungkinkan untuk pelaksanaan salat dilakukan di ruang terbuka.

"Ini karen cuacanya cerah, salat Id di lapangan, ada yang di jalan raya, di depan masjid itu," ungkapnya.

Baca Juga: Pria Misterius Bakar Diri di SPBU Surabaya

2. Penyembelihan hewan kurban dilakukan hari ini

Warga Muhammadiyah Jatim Salat Id dan Sembelih Hewan Kurban Hari IniPersiapan penyembelihan hewan kurban. IDN Times/Tunggul Kumoro

Tahmid menuturkan, sejumlah masjid di Jawa Timur melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini. Tempat pelaksanaan penyembelihan pun telah disiapkan sebaik mungkin.

"Kalau di kantor PWM ini ada mini RPH (Rumah Pemotongan Hewan) sudah ada tempatnya, sudah ada gantungannya, komplit dan sekarang sedang dilaksanakan juga, sebagaian besar seperti itu, ditempat masing-masing, " jelas Tahmid.

Hewan kurban yang dikirim ke masjid-masjid, telah disertai dengan surat keterangan sehat dari dinas terkait. Penyembelihan hewan kurban juga mendapat pengawasan dari dinas setempat.

3. Sebagaian daging kurban diolah dalam kemasan kaleng

Warga Muhammadiyah Jatim Salat Id dan Sembelih Hewan Kurban Hari Inisemur daging (instagram.com/dellasuzura)

Selain itu, PMW Jatim juga mengkoordinasi penyembeliham hewan kurban yang disentralkan di RPH Daging kurban, akan dibawa ke pabrik untuk dikemas dalam kemasan kaleng.

"Nanti berupa rendangmu, sotomu, rawonmu, jadi lebih awet," katanya.

Baca Juga: Pandemik Masih Ada, Menag Terbitkan Panduan Salat Idul Adha dan Kurban

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya