Comscore Tracker

Viral Rombongannya Paksa Masuk Bromo, Ini Penjelasan Komunitas Rubicon

Mereka mengaku diundang Khofifah

Pasuruan, IDN Times - Rombongan komunitas mobil Rubicon adu cekcok dengan petugas dan memaksa masuk kawasan Bromo viral di media sosial. Rombongan itu, juga mencatut nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Komunitas mobil Rubicon pun memberikan klarifikasi. Ketua Umum JK Owners East Java Bambang Agus Hendroyono menjelaskan, kedatangannya itu adalah untuk menghadiri acara East Java Fashion Harmony pada Minggu (20/11/2022). 

"Kami dapat undangan resmi dari Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jatim, karena itu kami datang ke Bromo," ujar Bambang Kamis (24/11/2022). 

Sayangnya, acara tersebut ternyata diundur menjadi tanggal 3 Desember 2022. Pemberitahuan itu tidak diterima oleh komunitas. "Kami sudah mempersiapkan jauh-jauh hari semua keperluan dari tiket masuk hingga penginapan," ungkapnya.

Dikarenakan tidak mendapat pemberitahuan, komunitas itu pun berangkat ke Bromo. Setidaknya ada 19 kendaraan yang ikut dalam rombongan dan melintasi jalur Nongkojajar Pasuruan. 

Ketika rombongan tersebut tiba di lautan pasir, Desa Wonokitri, ada petugas yang mengadang rombongan. Mereka tidak diperbolehkan masuk meski sudah menunjukkan tiket dan undangan dari Dinas Kenudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim. 

"Jalan satu-satunya yang dekat menuju hotel hanya lewat lautan pasir, toh kami juga sudah punya tiket masuk," kata dia. 

Saat itu, pihaknya meminta agar ada yang mengawal, namun tetap saja dilarang. Di situlah, terjadi adu mulut antara penjaga dengan rombongan. "Kami tidak menerobos atau memaksa, kami sudah punya tiket yang sudah kami bayar untuk masuk ke Bromo, syarat-syarat teknis kendaraan juga kami penuhi," tuturnya.

Untuk diketahui, viral rombongan komunitas mobil Rubicon yang memaksa masuk Bromo lewat jalur Pasuruan. Mereka mengaku mendapat undangan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam acara Fashion Show Bromo pada 20 November 2022

Penjara pintu sendiri melarang mereka untuk masuk. Sebab, tidak merasa ada acara itu. Sehingga, antara rombongan dan warga terjadi adu mulut. Peristiwa adu mulut ini diunggah oleh akun TikTok @widiandharmasingg. "Info Di lapangan Rombongan Robicon Memaka masuk Pintu Bromo via Pasuruan Dengan alasan undangan Gubernur" tulis akun tersebut.

Baca Juga: Rombongan Mobil di Bromo Catut Nama Khofifah, TNBTS Angkat Bicara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya