Comscore Tracker

Tak Penuhi Syarat, 1.564 Penumpang Ditolak Naik KA

Pengin numpak sepor, yo kudu vaksin booster rek!

Surabaya, IDN Times - PT KAI DAOP 8 Surabaya menolak 1.564 penumpang yang hendak naik Kereta Api (KA), karena tidak memenuhi persyaratan perjalanan.

1. Penumpang wajib booster

Tak Penuhi Syarat, 1.564 Penumpang Ditolak Naik KAIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, penumpang tersebut tak diperbolehkan naik KA lantaran belum memenuhi persyaratan vaksinasi ketiga atau booster sesuai SE Kemenhub nomor 84 tahun 2022.

"Para calon pelanggan dengan usia di atas 18 tahun wajib telah menjalani vaksinasi ketiga (booster), dan pelanggan dengan usia 6-17 tahun telah menjalani vaksinasi kedua," kata Luqman melalui keterangan tertulis, Selasa (6/8/2022).

Baca Juga: Jumlah Penumpang Kereta Api di Stasiun Daop 8 Mulai Turun

2. Penumpang yang ditolak, uang dikembalikan 100 persen

Tak Penuhi Syarat, 1.564 Penumpang Ditolak Naik KAIlustrasi suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

KAI Daop 8 Surabaya memberikan batas transisi sosialisasi aturan terbaru kepada masyarakat mulai 30 Agustus sampai dengan 12 September. Penumpang yang tidak dapat menunjukkan persyaratan vaksinasi tersebut dapat membatalkan tiketnya dengan pengembalian bea 100 persen.

"Pembatalan dapat dilakukan paling lambat H+7 tanggal keberangkatan KA di loket stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp 08111-2111-121," jelasnya.

3. Penumpang bisa vaksin di tiga stasiun wilayah DOAP 8

Tak Penuhi Syarat, 1.564 Penumpang Ditolak Naik KAilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Luqman Arif juga mengatakan, masyatakat yang belum vaksin tak perlu khawatir sebab, KAI Daop 8 Surabaya telah menyediakan gerai vaksinasi gratis di 3 stasiun, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.

"Sejak hadirnya layanan ini pada 16 Juli, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani sebanyak 1.419 pelanggan yang melakukan vaksinasi di stasiun," ujarnya.

Syarat peserta vaksinasi gratis di stasiun bagi penumpang yaitu memiliki kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas dibayarkan dan identitas pribadi. Pelaksanaan vaksinasi paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Baca Juga: 634.459 Penumpang Mudik dan Balik via Stasiun Daop 8 Surabaya

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya