Comscore Tracker

Pemkot Surabaya Akan Anggarkan Dana Pengadaan Kendaraan Listrik

Motor listrik sudah dipesan ke ITS

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya akan mengganggarkan dana untuk pengadaan kendaraan dinas listrik di tahun 2023. Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunakan kendaaran listrik sebagai kendaraan dinas.

"Saya sudah menganggarkan, semua kendaraan dinas Pemerintah Kota kalau beli lagi itu menggunakan kendaraan listrik," ujar Eri ditemui di Convention Hall Arif Rahman Hakim, Senin (28/9/2022). Namun, Eri tak merinci berapa anggaran yang disediakan oleh Pemkot untuk pengadaan mobil listrik.

1. Mobil listrik hanya untuk operasional dalam kota

Pemkot Surabaya Akan Anggarkan Dana Pengadaan Kendaraan Listrikilustrasi mobil listrik mengisi daya di SPKLU (dok. PT PLN)

Eri mengatakan, nantinya, mobil dinas listrik akan digunakan untuk operasional dalam kota. Sementara untuk operasional luar kota, tetap menggunakan kendaraan BBM, hal itu mempertimbangkan ada atau tidaknya stasiun pengisian listrik di luar Surabaya.

"(Misal) kita sudah siapkan semuanya, tapi kalau hal tertentu ya gak bisa kita menggunakan listrik karena lainnya (daerah lain) belum siap, kalau mobil dinas di dalam kota kita siapkan untuk listrik," ungkapnya.

2. Pemkot sudah pesan kendaraan listrik ke ITS

Pemkot Surabaya Akan Anggarkan Dana Pengadaan Kendaraan ListrikWeb resmi ITS

Ia menuturkan, pihaknya telah memasan kendaaran listrik ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Saat ini yang sudah dipesan hanya motor listrik saja.

"ITS kita ada (pesan) motor (listrik). Yang mobil, udah lama ITS belum siap terus, yang sepeda motor suda siap," tutur dia.

3. Pemkot siapkan stasiun pengisian listrik

Pemkot Surabaya Akan Anggarkan Dana Pengadaan Kendaraan ListrikInfografik Penjualan Mobil Listrik di Indonesia (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia menambahkan, bukan hanya kendaraan listrik yang akan disiapkan Pemkot, namun juga stasiun pengisian listrik. Stasiun pengisian listrik menjadi salah satu fasilitas penunjang transformasi dari kendaraan BBM ke listrik.

"Bagaimana kita harus menyiapkan tempat nge-charge-nya dimana, jangan moro-moro nggae (jangan tiba-tiba menggunakan kendaraan listrik), tapi tempat nge-charge mobilnya belum siap," pungkasnya.

Baca Juga: Keunggulan Mobil Hidrogen Dibanding Mobil Listrik 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya