KRI Surabaya 591 Evakuasi Kapal Siaga Desa, Ada Ibu Lahiran

Di kapal tersebut juga ada bayi

Surabaya, IDN Times - KRI Surabaya 591 mengevakuasi kapal siaga desa, Senin (20/6/2022). Kapal tersebut membawa ibu dalam kondisi pasca lahiran operasi Caesar beserta bayinya.

1. Kapal siaga desa terdiri dari delapan orang

KRI Surabaya 591 Evakuasi Kapal Siaga Desa, Ada Ibu LahiranKoarmada II saat mengevakuasi seorang ibu pasca melahirkan yang jadi penumpang kapal siaga desa, Senin (20/6/2022). Dok. Dispen Koarmada II.

Kapal siaga desa dievakuasi oleh TNI AL KRI Surabaya (SBY) - 591 Koarmada II. Selain terdapat ibu hamil dan bayi, juga terdapat dua orang keluarga pasien serta tiga dokter dan satu bidan.

Komandan Letkol Laut (P) Handoyo, selaku pemimpin operasi penyelamatan, mengatakan, lokasi evakuasi berada di perairan sebelah barat Pulau Kangean, tepatnya pada posisi  koordinat 06 51 24 S - 115 04 30 T.

"Setelah di lokasi dengan jarak 1.200 yard dari Kapal Siaga Desa. Selanjutnya KRI SBY-591 menurunkan 2 unit LCVP untuk menuju kapal siaga desa guna melaksanakan evakuasi," ujar Letkol Laut Handoyo. 

Baca Juga: Koarmada II Terjunkan 3 Kapal Perang Amankan GPDRR di Bali

2. Personel kapal dalam kondisi aman

KRI Surabaya 591 Evakuasi Kapal Siaga Desa, Ada Ibu LahiranKoarmada II saat mengevakuasi seorang ibu pasca melahirkan yang jadi penumpang kapal siaga desa, Senin (20/6/2022). Dok. Dispen Koarmada II.

Dalam pelaksanaan evakuasi tersebut, lanjut dia, seluruh personel kapal itu dalam kondisi aman. Selanjutnya dirawat di ruang kesehatan KRI SBY-591. 

"Kapal siaga desa ini selanjutnya ditunda atau digandeng, menuju Pelabuhan Kangean untuk evakuasi ke darat. KRI SBY selanjutnya lego jangkar di Teluk Ketapang Kangean dilanjutkan penurunan 2 LCVP untuk proses evakuasi korban ke darat," paparnya.

Baca Juga: 1670 Personel Koarmada II Berangkat ke Hawaii, Latihan Bareng US Navy

3. Kapal siaga desa diantar ke area lego jangkar

KRI Surabaya 591 Evakuasi Kapal Siaga Desa, Ada Ibu LahiranKapal Siaga Desa yang berhasil dievakuasi tim Koarmada II. Dok. Dispen Koarmada II

Sedangkan Kapal Siaga Desa, diantar ke area lego jangkar. Selama pelaksanaan evakuasi, personel dan material dalam keadaan aman.

"Selanjutnya KRI SBY-591 melanjutkan pelayaran menuju Pulau Sapudi," pungkasnya. 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya