Khofifah Pakai Jaket Golkar, Dapat Rekomendasi Pilgub Periode Kedua

Jadi empat parpol sudah rekomendasi Khofifah

Sidoarjo, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa dipakaikan jaket Partai Golkar dan mendapat rekomendasi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) periode Kedua, Sabtu (23/12/2023) di Hotel Utami Sidoarjo. Rekomendasi tersebut tidak bersama pendampingnya. 

Terlihat Khofifah yang sebelumnya menggunakan baju batik dan kerudung kuning, kemudian disematkan  jaket warna kuning dengan motif doreng. Jaket tersebut disetmatkan Ketua Umum Partai Golkar kepada Khofifah. 

Khofifah menyampaikan terimakasih kepada DPP Partai Golkar yang telah memberikan rekomendasi kepadanya untuk maju Pilgub di priose kedua. Pada periode sebelumnya, Khofifah juga diusung Partai Golkar. 

"Kawan-kawan kami menyampaikan terimakasih, kepercayaan kepada DPP Partai Golkar pak Ketua Umum sendiri menyerahkan surat tugas didampingi pak Sekjen didampingi Partai Golkar Jatim untuk proses pencalonan Pilgub 2024-2029," ujarnya.

Sementara itu, Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, bukan kali pertama Golkar merekomendasikan Khofifah maju Pilgub. Pada periode sebelumnya, Golkar tak cuma mengusung Khofifah tapi juga mengawal Pemerintahan Khofifah.  

"Kami memberikan surat penugasan untuk Khofifah, untuk menjadi bacalon Gubernur Jatim, dari partai Golkar. Ini bukan yang pertama karena yang lalu Bu Khofifah juga didorong partai Golkar dan dikawal partai Golkar,"ujarnya.

Ia pun menargetkan dengan rekomendasi yang kedua tersebut mampu mendongkrak suara Golkar di Jawa Timur. Jumlah suara yang ditarget untuk DPR RI meningkat dari 11 kursi menjadi 17 kursi. 

"Kita ditergetkan suaranya untuk meningkat, apalagi kita ada pak de Karwo, tentu akan semakin solid," kata Airlangga. 

Soal pendamping, Airlangga menyebut masih fokus pada kontestasi Pileg dan Pilpres. Setelah kontestasi tersebut selesai, barulah dia fokus pada Pilgub. 

"Konsentrasi Pileg dulu dan Pilpres, setelah itu kita evaluasi," tuturnya. 

Ditanya mengenai nama Ketua DPD Golkar Jatim, Sarmuji yang didorong menjadi pendamping Khofifah, Airlangga mengatakan bukan hanya Sarmuji yang didorong.  Pendamping Khofifah akan diputuskan setelah Pilpres dan Pileg selesai. 

"Banyak yang didorong, nanti sesudah Pileg kita putuskan," pungkasnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, tiga partai yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra dan Partai Demokrat juga telah memberikan rekomendasi kepada Khofifah untuk maju pada kontestasi Pilgub di periode kedua. 

Baca Juga: PKB Tinggal Tunggu Waktu Beri Rekomendasi Bacagub ke Khofifah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya