Bus Listrik Surabaya Panasi Mesin, Tapi Belum Beroperasi

Manajemen belum tahu kapan Bus Listrik kembali beroperasi

Surabaya, IDN Times - Bus Listrik Trans Semanggi Suroboyo sudah kembali terlihat di jalanan Kota Surabaya. Diketahui, bus bekas KTT G20 ini sempat mandek beroperasi selama dua bulan lamanya. 

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, terlihat bus listrik itu beroperasi di Jalan Ir Soekarno atau Merr Surabaya, Senin (27/2/2023). Namun, tak nampak membawa penumpang di dalamnya. 

General Manager Damri Kota Surabaya selaku operator bus listrik Trans Semanggi Suroboyo, Yulianto mengatakan, bus listrik Surabaya belum beroperasi. Bus masih dalam proses uji coba.

"Bus listrik masih belum beroperasi. Itu masih uji coba," ujar Yulianto kepada IDN Times.

Yuianto masih belum dapat memastikan kapan bus listrik akan kembali beroperasi. Sebab, evaluasi masih terus dilakukan dan menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan.

"Untuk beroperasi saya belum tau pasti. Masih tunggu dari pusat," kata dia

Ia menegaskan, uji coba itu dilakukan secara bergiliran antara aramada satu dengan yang lainnya. Tujuannya agar kendaraan tidak diam sehingga menyebabkan kerusakan. 

"Biar bergerak saja kendaraannya. Baru bulan-bulan ini saja uji cobanya. Gantian-gantian (aramada yang jalan). Uji coba agar kendaraan tidak rusak," kata dia. 

Sebelumnya, bus tersebut mandek selama kurang lebih dua bulan sejak 1 Januari hingga sampai saat ini. Ini karena bus sedang tahap evaluasi oleh ITS dan PT INKA. 

Evaluasi dilakukan karena bus kerap mogok di jalan saat sedang beroperasi. Penghentian tersebut juga dilakukan untuk memperbaiki sejumlah elemen pada bus, termasuk baterai yang jadi komponen utamanya. 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya