Hari Pertama UTBK SNBT di Unesa Sistem Sempat Delay 1 Menit

Peserta ada yang berasal dari Halmahera Selatan

Surabaya, IDN Times - Jalur masuk perkuliahan Seleksi Nasional Berbasis Tes atau SNBT telah dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada Selasa (30/4/2024). Salah satunya yang nampak pada Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Sebanyak 1.980 peserta dari berbagai daerah hadir untuk mengikuti tes SNBT di Unesa. Mereka tersebar di kampus 1 Ketintang dan kampus 2 Lidah Wetan.

1. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia

Hari Pertama UTBK SNBT di Unesa Sistem Sempat Delay 1 MenitSalah satu peserta SNBT di Unesa. (Dok. Humas Unesa)

Tes SNBT hari pertama diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada yang berasal dari Aceh, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, hingga Papua. Hal ini dikonfirmasi oleh Sukarmin selaku Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa.

"Peserta tes UTBK UNESA luar biasa penyebarannya. Tes sesi pertama diikuti 990 peserta, sebanyak 35 peserta dinyatakan tidak hadir tanpa konfirmasi. Sesi kedua juga diikuti 990 peserta, tidak hadir sebanyak 33 peserta, juga tanpa konfirmasi," bebernya.

Salah satunya adalah Reva Yunita Angraini, peserta SNBT yang berasal dari Halmahera Selatan yang memilih tes di Unesa karena telah memantapkan pilihan pada salah satu prodi di kampus ini.

"Harapannya bisa mendapatkan nilai tes yang maksimal dan bisa diterima di prodi yang saya pilih yaitu Tata Rias UNESA atau Gizi Unair. Saya punya minat yang tinggi di bidang tata rias dan makeup," ucapnya.

Baca Juga: Segera Digelar Bulan Mei, Ini Bocoran Materi UTBK SNBT 2024

2. Masing-masing ruangan dijaga ketat

Hari Pertama UTBK SNBT di Unesa Sistem Sempat Delay 1 MenitPengecekan peserta tes SNBT menggunakan metal detector. (Dok. Humas Unesa)

Menurut keterangan Sukarmin, pelaksanaan tes pada sesi pertama dan kedua secara umum berjalan lancar. Para peserta pun mematuhi persyaratan tes baik dari syarat berpakaian hingga kelengkapan dokumen.

Para peserta juga patuh untuk tidak membawa barang yang dilarang saat tes. Agar lebih menjamin keamanan selama tes SNBT berlangsung, panitia mengecek ketat barang bawaan peserta menggunakan metal detector.

Masing-masing ruangan tes juga diawasi sejumlah tim pengawas dari unsur dosen. Jumlah pengawas untuk masing-masing sesi mencapai 50 orang. Satu ruangan terdapat 2 sampai 5 dosen yang mengawasi dan memastikan kelancaran tes.

3. Sempat alami gangguan sistem di menit awal, hal ini lazim terjadi

Hari Pertama UTBK SNBT di Unesa Sistem Sempat Delay 1 MenitPanitia memantau jalannya tes SNBT di Unesa. (Dok. Humas Unesa)

Secara umum tes SNBT hari pertama di Unesa berjalan cukup lancar. Hanya saja di menit awal sesi pertama sempat terjadi delay pada sistem. Sukarmin berkata hal tersebut lazim terjadi apalagi mengingat tes baru mulai di hari pertama.

"Sesi pertama tadi pagi sistemnya sempat delay sekitar 1 menit. Itu terjadi di semua lokasi tes UTBK. Hal itu lumrah untuk sesi pertama. Selanjutnya tes berjalan lancar," terangnya.

Sebagai upaya antisipasi server yang down, dosen kelahiran Magetan itu menambahkan bahwa Unesa telah menyiapkan 7 server hingga teknisi ruang, untuk menghandle kendali dan jaringan di tiap-tiap ruang tes. 

Baca Juga: 14.516 Peserta Ikuti UTBK Unair, 31  Orang Tak Hadir

Kayla Jasmine Yasmara Photo Community Writer Kayla Jasmine Yasmara

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya