Klaim Kasus COVID-19 Turun Selama PPKM, Dinkes Tuban: Jangan Kendor

Nyatanya kasus di Tuban tak benar-benar turun

Tuban, IDN Times - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlangsung, angka kasus COVID-19 di Kabupaten Tuban diklaim mengalami penurunan. Meski begitu, Dinkes meminta masyarakat untuk tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

1. Sebanyak 884 warga Tuban meninggal karena COVID-19

Klaim Kasus COVID-19 Turun Selama PPKM, Dinkes Tuban: Jangan KendorKepala dinas kesehatan Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo. IDN Times/Imron

Kepala Dinkes Tuban Bambang Priyo Utomo mengatakan, saat ini total warga Tuban yang terpapar virus COVID-19 berjumlah 6.757 orang dari 6757 tersebut 5.603 orang telah dinyatakan sembuh. Sementara jumlah orang yang meninggal sebanyak 884 orang.

"Alhamdulillah kasusnya setiap hari mengalami penurunan, kemarin saja angka kematian ini hanya 2 orang kita berharap agar kasusnya bisa terus turun," kata Bambang, Selasa (10/8/2021).

2. 270 orang masih dirawat akibat terpapar virus COVID-19

Klaim Kasus COVID-19 Turun Selama PPKM, Dinkes Tuban: Jangan KendorRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Tuban. IDN Times/Imron

Bambang menjelaskan, saat ini masih terdapat 270 orang yang menjalani perawatan akibat terpapar virus COVID-19 dibeberapa rumah sakit di Bumi Wali (sebutan lain dari Tuban). Adapun rinciannya sebagai berikut, RSUD Koesma 53 orang, RSNU 19, RS Medika 14, RSAM 12, dan RSMT sebanyak 6 orang serta 95 orang dirawat di beberapa rumah sakit di luar Tuban.

"Selain itu ada juga 71 orang yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing dan Alhamdulillah kondisinya sangat baik," ungkapnya. Ia pun meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan.

"Imbauan pasti mas, selain itu, pemerintah juga terus melakukan vaksinasi kepada warga baik vaksin pertama maupun kedua," pungkasnya.

Baca Juga: Bupati Tuban Siapkan Rp5 M untuk Daerah Langganan Banjir

3. Kasus di Tuban tidak benar-benar menunjukkan penurunan

Klaim Kasus COVID-19 Turun Selama PPKM, Dinkes Tuban: Jangan KendorIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Klaim penurunan yang disampaikan oleh Dinkes Tuban nyatanya tak benar-benar terjadi. Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Jatim, per 9 Agustus 2021, kemarin, masih terdapat penambahan 31 orang kasus baru COVID-19. Sedangkan kasus kematian berjumlah 2 orang. Angka ini masih sama jika dibandingkan dengan beberapa hari terakhir. Angka kasus positif harian di Tuban masih berkisar di atas 30 kasus. Pada tanggal 1 Agustus 2021 lalu misalnya, jumlah penambahan kasus tercatat 39 orang dengan angka kematian 6 orang.

Baca Juga: Kecewa dengan Pelayanan, Buruh di Tuban Segel Kantor Disnaker

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya