Comscore Tracker

Bacok Polisi Saat Diringkus, Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah Panas

Pelaku kerap beraksi di empat Kabupaten

Tuban, IDN Times- Tim Resmob Macan Ronggolawe (Marong), meringkus tujuh pelaku pencurian di Wilayah Tuban, Jumat (14/6). Ketujuhnya terpkasa dihadiahi timah panas lantaran melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Satu tersangka bernama Suryadi berusaha membacok salah satu anggota polisi yang akan meringkusnya. Beruntung, polisi yang ia serang menyelamatakan diri. "Suryadi ini merupakan residivis pelaku pencurian di beberapa kabupaten di Jawa Timur, " kata Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono saat rilis di Mapolres Tuban.

1. Saat beraksi, pelaku kerap menggunakan parang

Bacok Polisi Saat Diringkus, Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah PanasIDN Times/ Imron

Saat beraksi Suryadi kerap menakut-nakuti korbannya dengan parang. Bahkan, tersangka kerap melukai jika para korban melawan. Usai beraksi, pelaku kerap berpindah-pindah tempat tinggal untuk mengelabui petugas.

Namun, aksi kaburnya kali ini tidak sampai sebulan. "Kenapa dia lama kita tangkap, karena pelaku ini bersembunyi dari tempat ke tempat lain," imbuhnya.

2. Melakukan kejahatan di empat kabupaten

Bacok Polisi Saat Diringkus, Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah PanasIDN Times/ Imron

Nanang menjelaskan, Suryadi merupakan otak dari beberapa kasus yang tersangkanya sudah ditangkap. Komplotan tersangka ini kerap mencuri beras di beberapa wilayah di Jatim, seperti Tuban, Nganjuk, Bojonegoro dan Jombang. Sebelumnya tersangka juga pernah divonis bersalah dalam kasus pencurian. "Ada beberapa wilayah yang menjadi sasaran kejahatan dari pelaku Suriyadi," kata Nanang.

Baca Juga: Tiga Tetangganya Ditahan, Warga Demo Mapolres Tuban

3. Amankan beberapa barang bukti hasil kejahatan

Bacok Polisi Saat Diringkus, Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah PanasIDN Times/ Imron

Adapun enam pelaku lainnya yang juga mendapatkan hadiah timah panas melakukan kejahatan pencurian yang beragam, seperti pencurian sepeda motor, sepeda gunung, rumah kosong dan pencurian beras.

Dari tangan mereka, polisi engamankan beberapa barang bukti seperti sebuah linggis, parang dan sebilah pedang. "Ada beberapa sepeda motor yang juga kita amankan, hasil kejahatan pelaku ini, motor-motor ini sudah mereka jual ada yang di malang, Rembang dan Pati," kata Kapolres.

4. Berikan rasa aman pada masyarakat Tuban

Bacok Polisi Saat Diringkus, Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah PanasIDN Times/ Imron

Usai dirilis, motor hasil kejahatan para pelaku kemudian diserahkan kepada pemilik atau korban, tanpa dipungut biaya. "Intinya jangan macam-macam dan membuat kejahatan di Bumi Wali, saya berjanji akan terus memberikan rasa aman kepada masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Hidup Sebatang Kara, Kakek Asal Tuban Ditemukan Tewas di Dalam Kamar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You