Comscore Tracker

Viral Posko Swab Suramadu Ricuh, Ini Kata Polisi

volume kendaraan sedang sangat banyak

Surabaya, IDN Times - Beberapa video beredar di masyarakat menunjukkan kericuhan di posko penyekatan Jembatan Suramadu. Dalam video tersebut tampak para pengendara mengerumuni petugas, mereka berebut mengambil KTP. Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum membenarkan peristiwa ini.

1. Video-video menunjukkan kericuhan di posko penyekatan Suramadu

Viral Posko Swab Suramadu Ricuh, Ini Kata Polisi

Setidaknya ada 3 video yang menggambarkan kondisi kericuhan di posko penyekatan Jembatan Suramadu. Dalam salah satu video, tampak kericuhan terjadi antara para warga dan petugas. Aksi saling dorong tak terelakkan antara pengendara dan petugas. Di video lainnya, salah satu petugas menunjukkan kondisi posko setelah kericuhan. Kursi-kursi dan kertas-kertas berserakan di tanah.

"Swab Surabaya kisruh, orang Madura kisruh. Baru kali ini swab kisruh. KTP hilang semua. Penjaganya ini kurang cepat, kurang adil," sebut seorang laki-laki di salah satu video yang diterima IDN Times, Jumat (18/6/2021).

2. Ganis sebut pengendara lebih banyak dari biasanya

Viral Posko Swab Suramadu Ricuh, Ini Kata Polisi

Peristiwa dalam video tersebut ternyata benar-benar terjadi di posko penyekatan Jembatan Suramadu pada Jumat dini hari tadi. Ganis menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Awalnya, volume kendaraan yang datang dari arah Madura lebih banyak daripada hari-hari sebelumnya.

"Pagi ini volume kendaraan pukul 02.00 WIB sudah mulai tidak seperti biasanya khususnya roda 2, kemudian pukul 03.00 WIB lebih banyak lagi volumenya," ujar Ganis saat meninjau lokasi kerusuhan.

3. Para pengendara ingin dilayani lebih dahulu

Viral Posko Swab Suramadu Ricuh, Ini Kata Polisi

Ternyata, tak hanya jumlahnya yang lebih banyak dibanding biasanya, para pengendara juga lebih agresif. Mereka sama-sama minta untuk dilayani lebih dahulu dengan alasan terburu-buru. Kondisi ini pun membuat petugas kebingungan. Alhasil, para pengendara semakin ribut dan berangsek ke meja petugas hingga berakhir ricuh.

"Namun kami segera aparat yang ada di sini segera melakukan mengurai kepadatan tersebut," tuturnya.

4. Ada pengendara yang lolos tak diswab

Viral Posko Swab Suramadu Ricuh, Ini Kata Polisi

Dari kejadian ini, Ganis mengatakan bahwa pihaknya tak mengalami kerugian baik materi maupun dari sisi keselamatan petugas. Namun, beberapa pengendara akhirnya lolos tak dites swab ketika kericuhan dan proses pembubaran itu terjadi.

"Mungkin ada beberapa masyarakat tidak sempat dilakuan swab, sehingga kita tidak menjamin dia sehat atau tidak," ungkap Ganis.

Baca Juga: 27.839 Pengendara Disekat di Jembatan Suramadu, 595 Positif COVID-19

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya