Comscore Tracker

[UPDATE] Bertengger di Puncak, Kasus COVID-19 Jatim Tembus 12.118

Satu-satunya provinsi yang sudah lebih 12 ribu kasus

Surabaya, IDN Times - Meski sudah menduduki posisi puncak akumulasi kasus COVID-19, tampaknya kasus di Jawa Timur masih terus bertambah dengan signifikan. Bahkan pada Selasa (30/6), Jatim menjadi satu-satunya provinsi yang sudah mencapai total kasus hingga 12.118.

Tambahan kasus di Jatim pada Selasa (30/6) adalah sebanyak 389 pasien COVID-19 baru. Penambahan juga terjadi pada data pasien sembuh sebanyak 187 menjadi 4.199 orang.

Sumbangan terbanyak tambahan kasus berasal dari Kota Surabaya yaitu 210 kasus. Meski banyak menambah kasus baru, pasien sembuh di Surabaya juga bertambah signifikan yaitu 111 orang. Sayangnya, 20 pasien COVID-19 dari Surabaya juga meninggal dunia di hari yang sama.

Sedangkan untuk Kabupaten Sidoarjo menyumbang tambahan pasien positif COVID-19 baru sebanyak 56 orang. Meski tambahan kasus cukup banyak, namun pasien sembuh dari Sidoarjo hanya bertambah 3 orang.

Berbeda halnya dengan Kabupaten Jombang yang kasus positif COVID-19 hanya bertambah 2 orang. Namun pasien sembuh dari Jombang cukup banyak yaitu 23 orang. Untuk pasien meninggal dunia juga tidak ada penambahan di Jombang.

Dari 12.118 total kasus COVID-19 di Jatim, hingga saat ini 6.783 pasien di antaranya masih dalam perawatan. 4.199 orang lainnya telah dinyatakan sembuh. Serta 928 orang telah meninggal dunia akibat COVID-19.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansayah meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan sehingga pandemik COVID-19 di Jatim segera bisa berakhir. Ia menyaksikan sendiri bagaimana warga masih sering melanggar protokol kesehatan.

"Saya hampir setiap hari olahraga pagi di lapangan Makodam V/Brawijaya, dimana banyak anak-anak muda yang belum disiplin memakai masker. Melihat itu, saya lantas membagikan masker kepada mereka, saat itu memang langsung dipakai. Tapi hari berikutnya, ada yang kembali tidak memakai masker, lalu saya berikan masker lagi, dan saya ajak dialog. Kita harus sabar, karena ini untuk keselamatan mereka,” ujarnya.

Baca Juga: [UPDATE] Kini Ada 11.795 Kasus COVID-19, Gugas Jatim: Juara Nasional

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya