November, Surabaya Punya Pembangkit Tenaga Sampah Pertama di Indonesia

Pembangunannya sudah 90 persen

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya akan memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Sampah pertama di Indonesia. PLTSa ini rencananya akan diresmikan pada Bulan November 2019 ketika proses pembangunan dan penandatanganan kontrak dengan Perusahaan Listrik Negara rampung.

1. PLTSa di Surabaya segera rampung

November, Surabaya Punya Pembangkit Tenaga Sampah Pertama di IndonesiaIlustrasi pembangkit listrik/Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

 

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia diundang oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo untuk mengikuti rapat terbatas pembangunan PLTSa pada Selasa (16/7) di Jakarta. Dalam ratas tersebut, Risma diminta untuk memaparkan pembangunan PLTSa yang ada di Surabaya.

"Kalau Surabaya kan kemarin saya ngomong sudah 80 persen (pembangunan PLTSa), tapi katanya Pak Eri sudah 90 persen progress PLTSa di Benowo," ujar Risma di Balai Kota Surabaya, Rabu (17/7).

2. Sudah menggunakan teknologi pengolah sampah jadi listrik sejak lama

November, Surabaya Punya Pembangkit Tenaga Sampah Pertama di IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Kota Surabaya sendiri sebenarnya telah mengaplikasikan teknologi pengolahan sampah menjadi listrik menggunakan insenerator sejak lama. Namun pengolahan ini dimanfaatkan untuk fasilitas umum Pemkot Surabaya. Kini pembangkit listrik tersebut akan disulap menjadi PLTSa yang menghasilkan daya listrik 11 megawatt.

"Kita tinggal ada 6 kontrak ada investor, PLTSa, dan PLN. Kemarin Pak Presiden sudah memerintahkan PLN untuk segera tindak lanjut," imbuh Risma.

Baca Juga: Tak Ada Progres Penanganan Sampah, Jokowi Tegur Kepala Daerah

3. Akan diresmikan November

November, Surabaya Punya Pembangkit Tenaga Sampah Pertama di IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Pembangunan PLTSa yang terletak di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Benowo tersebut pun sudah hampir rampung. Ia memperkirakan pada bulan ini PLTSa sudah selesai dibangun dan dapat diujicobakan.

"Dari PLN menyampaikan mudah-mudahan bulan Juli ini kelar. Kalau sudah kelar November ini akan diresmikan," tuturnya.

4. Jokowi minta kepala daerah segera rampungkan

November, Surabaya Punya Pembangkit Tenaga Sampah Pertama di IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa kepala daerah harus segera menuntaskan permasalahan sampah dan merampungkan pembangunan PLTSa di daerahnya masing-masing. Selain Surabaya, PLTSa juga akan dibangun di 11 kabupaten/kota lain seperti Bekasi, Solo, dan DKI Jakarta.

"Saya ingin betul-betul ada sebuah solusi sore ini. Problemnya ada di mana, langsung, dan eaktu saya brrikan kepada wali kota, gubernur, bupati yang hadir. Langsung to the point saja masalahnya ini," tegas Jokowi.

 

Baca Juga: Dik Doank Temani Ratusan Siswa Belajar Kelola Sampah di Banyuwangi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya