Semua Kelurahan di Surabaya Keluar dari Level 4

Tersisa 16 kelurahan di level 3

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya berusaha untuk memetakan penanganan COVID-19 berdasarkan tingkat kelurahan dengan menggunakan indikator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel. Saat ini, seiring dengan turunnya level Kota Surabaya, sudah tidak ada lagi kelurahan yang tergolong dalam level 4.

1. Seluruh kelurahan di Surabaya sudah tidak ada yang termasuk level 4

Semua Kelurahan di Surabaya Keluar dari Level 4Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berbincang dengan anak difavel di sela vaksinasi COVID-19. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, sejak 29 Agustus 2021, seluruh kelurahan di Kota Surabaya sudah tidak ada yang tergolong dalam level 4. Sebanyak 154 kelurahan mayoritas merupakan level 2 dan level 1.

"Alhamdulillah hari ini Surabaya dari seluruh kelurahan yang ada, Insya Allah tidak ada lagi Level 4. Level 3 hanya beberapa, yang lainnya sudah Level 2 dan Level 1," ujar Eri di halaman Balai Kota Surabaya, Selasa (31/8/2021).

2. Tersisa 16 kelurahan level 3

Semua Kelurahan di Surabaya Keluar dari Level 4Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Eri merinci, dari 154 kelurahan di Kota Surabaya, 89 di antaranya termasuk level 1. Sementara level 2 terdiri dari 49 kelurahan. Sedangkan sisanya, 16 kelurahan masih masuk dalam kategori level 3.

Penentuan level ini berdasarkan jumlah kasus kumulatif aktif dibagi jumlah penduduk di kali 100.000. Untuk Level 1, artinya dalam satu wilayah itu ada kurang dari 20 kasus aktif. Sedangkan Level 2, dalam satu wilayah itu terdapat sekitar 20-50 kasus aktif. Kemudian untuk Level 3, ada 50-150 kasus aktif dalam satu wilayah. Sementara untuk Level 4, kasus aktif dalam satu wilayah itu di atas 150.

"Kami akan berjuang habis-habisan dalam minggu ini untuk menjadi Level 2. Karena apa? pemkot sangat malu kalau tidak bisa bergerak menuju Level 2 dan Level 1," tuturnya.

Baca Juga: Marak Pesan Minta Sumbangan Atas Nama Eri Cahyadi, Pemkot: Itu Penipu!

3. Prokes tetap harus dijaga agar seluruhnya bisa segera level 1

Semua Kelurahan di Surabaya Keluar dari Level 4Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Meski kasus sudah melandai, Eri memastikan bahwa Pemkot Surabaya tidak melonggarkan upaya percepatan penanganan COVID-19. Salah satunya juga melalui vaksinasi massal yang terus menghabiskan stok vaksin. Ia juga berharap masyarakat dapat kooperatif untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar pandemik COVID-19 segera usai.

"Sehingga apa? kita harus berjibaku dan bahu membahu di mana masyarakat dan Pemkot Surabaya menurunkan level dari Level 3 ke Level 2 dan dari Level 2 ke Level 1," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Kedua Dibuka, Eri Cahyadi Sidak Bioskop di Tunjungan Plaza

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya