Polisi Gagalkan Upaya Peredaran 1.500 Pil Happy Five saat Tahun Baru

Pengedarnya diringkus, pestanya gagal dong~

Surabaya, IDN Times - Polrestabes Surabaya menangkap pengedar pil Happy Five. Pil psikotropika tersebut rencananya akan digunakan untuk pesta malam pergantian tahun, Selasa (31/12). Dari penangkapan itu, polisi menyita 1.500 butir pil Happy Five.

1. Polisi endus transaksi Happy Five di sebuah hotel di Surabaya

Polisi Gagalkan Upaya Peredaran 1.500 Pil Happy Five saat Tahun BaruBarang bukti pil Happy Five yang disita Polrestabes Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho menjelaskan, penangkapan tersebut bermula dari informasi yang didapatkan petugas Satreskoba Polrestabes Surabaya terkait upaya transkasi pil Happy Five di sebuah hotel. Petugas kepolisian pun melakukan penyamaran dan pura-pura ingin membeli pil tersebut.

"Jadi menurut tersangka, pil happy five itu memang ada yang memesan. Rencananya akan digunakan untuk pesta tahun baru," ujar Sandi saat konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (31/12).

2. 1.500 Happy Five dikirim oleh bandar di Madura

Polisi Gagalkan Upaya Peredaran 1.500 Pil Happy Five saat Tahun BaruBarang bukti pil Happy Five yang disita Polrestabes Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Penangkapan tersebut berlangsung pada Jumat dini hari (20/12). Korps Bhayangkara meringkus seorang pengedar berinisial FM (23), yang merupakan warga Malang. Dari tangan FM, polisi menyita 15 paket klip plastik yang masing-masing berisi 100 butir pil Happy Five.

"Jadi pil-pil ini berasal dari bandar di Madura yang kemudian dikirim melalui kurir untuk diedarkan oleh FM di Surabaya," imbuh Sandi.

Baca Juga: Kasus Narkoba yang Melibatkan Anak-anak di Surabaya Meningkat

3. Disembunyikan dalam kotak telepon genggam

Polisi Gagalkan Upaya Peredaran 1.500 Pil Happy Five saat Tahun BaruKapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho (tengah) bersama Kasatreskoba Polrestabes Surabaya AKBP Memo Ardian saat konferensi pers, Selasa (31/12). IDN Times/Fitria Madia

Liciknya, FM berusaha mengelabui petugas keamanan hotel dengan menyembunyikan 15 paket pil Happy Five tersebut di dalam sebuah kotak telepon genggam merek ternama. Harapannya, tidak akan ada yang mencurigai kotak tersebut.

"Tapi Alhamdulillah petugas kami berhasil mengetahui, sehingga barang bukti tersebut berhasil diamankan," lanjut Sandi.

4. Happy Five bisa menyebabkan efek halusinasi

Polisi Gagalkan Upaya Peredaran 1.500 Pil Happy Five saat Tahun BaruKapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho. IDN Times/Fitria Madia

Sandi menerangkan, pil Happy Five merupakan jenis narkoba yang bisa menyebabkan halusinasi tingkat tinggi. Bahkan, ia menyebutkan ada sebuah kasus kecelakaan beruntun yang dikarenakan pengendara mobil dalam pengaruh Happy Five.

"Jadi Happy Five ini memang berbahaya. Oleh karena itu petugas kami bekerja keras untuk mengungkap peredarannya di Surabaya," pungkasnya.

Baca Juga: Selama 2019, Masyarakat Jatim Paling Banyak Terjerat Kasus Narkoba

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya