Pil Ekstasi Bentuk Spongebob, Imut Tapi Berbahaya

Jangan salah kira permen, ya!

Surabaya, IDN Times - Siapa sih yang gak tahu Spongebob Squarepants? Tokoh kartun ini menjadi kegemaran anak-anak hingga orang dewasa. Namun sayang, sosok si spons laut berwarna kuning ini malah digunakan sebagai bentuk pil ekstasi.

1. Seratus pil ekstasi diungkap dari seorang bandar

Pil Ekstasi Bentuk Spongebob, Imut Tapi BerbahayaBarang bukti narkotika yang disita Polsek Tegalsari. IDN Times/Fitria Madia

Pil ekstasi alias inex ini disita dari pengungkapan seorang bandar warga Petemon, Surabaya bernama Wimam (44) oleh Polsek Tegalsari pada 20 Desember 2019. Dari tangan Wimam, polisi mendapatkan 100 butir pil ekstasi dan sabu seberat 15 gram.

"Saat kami tangkap, kebetulan sedang bertransaksi dengan tersangka Aunur (37). Kami amankan keduanya," jelas Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya saat konferensi pers, Selasa (24/12).

2. Pil ekstasi berbentuk Spongebob

Pil Ekstasi Bentuk Spongebob, Imut Tapi BerbahayaSabu spongebob yang diamankan Polrestabes Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Saat ditengok lebih dekat, rupanya pil-pil berwarna kuning cerah tersebut berbentuk tokoh kartun Spongebob. Pil dicetak berbentuk trapesium tanpa tangan dan kaki. Bahkan, lubang-lubang yang khas ada di tubuhnya pun juga dicetak di pil ekstasi tersebut.

"Bentuknya sebenarnya menarik ya. Tapi ini adalah benda haram yang dapat merusak generasi Indonesia," tutur Rendy.

3. Barang didapat dari jaringan Lapas Porong

Pil Ekstasi Bentuk Spongebob, Imut Tapi BerbahayaEkstasi bentuk Spongebob yang disita polisi. IDN Times/Fitria Madia

Berdasarkan pengakuan tersangka, ia tak tahu menahu atas bentuk pil ekstasi tersebut. Ia membelinya dari seorang bandar yang merupakan jaringan Lapas Porong. Ia juga mendapatkan barang tersebut dengan teknik ranjau sehingga tidak mengenali bandar atau kurirnya.

"Saya gak tahu apa-apa pak. Cuma beli. Rp1 juta per butirnya," jelasnya.

Baca Juga: 5 Seleb Hollywood yang Pernah Mengisi Karakter di Spongebob

4. BNNP Jatim sebut pil Spongebob dari luar negeri

Pil Ekstasi Bentuk Spongebob, Imut Tapi BerbahayaSabu spongebob yang diamankan Polrestabes Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Kabid Pemberantasan BNNP Jatim, AKBP Wisnu Chandra mengatakan bahwa pil ekstasi berbentuk Spongebob ini sebenarnya merupakan barang lama. Ia telah beberapa kali melakukan pengungkapan dengan pil jenis tersebut. Ia memperkirakan pil itu berasal dari golden triangle atau Burma, Laos, dan Thailand.

"Ini juga sepertinya tidak mungkin masuk ke sekolah-sekolah ya. Karena harganya mahal sekali. Paling murah sebutir Rp600. Jarang ada yang mau bagi-bagi barang mahal seperti itu secara cuma-cuma," pungkasnya.

Baca Juga: Musnahkan 28 Kg Sabu-sabu, Polisi Juga Tembak Dua Pelaku

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya