Comscore Tracker

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di Pasuruan

Ada yang meledak tak sengaja, ada pula yang dilempar

Surabaya, IDN Times - Peristiwa meledaknya bom ikan alias bom bondet di Kabupaten Pasuruan, Sabtu (11/9/2021) menggegerkan warga. Entah berapa bom yang meledak hingga membuat dua rumah luluh lantak dan merusak belasan rumah lain yang berada di kiri kanannya. Tak hanya itu, dua penghuni salah satu rumah meninggal dunia dengan kondisi yang mengenaskan.

Peristiwa ledakan seperti akibat bom bondet di Pasuruan bukan barang baru. Maklum, masyarakat setempat masih menggunakan bahkan membuat bom ikan tersebut. Padahal, penggunaan bom ikan merupakan tindakan pelanggaran hukum sesuai  Pasal 85 Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan. Tak hanya melanggar hukum, penggunaan bom bondet juga berbahaya bagi manusia seperti beberapa kejadian dalam tiga tahun terakhir yang telah dirangkum IDN Times.

1. Pria di Pasuruan bunuh istrinya sendiri dengan bom bondet

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Muhammad Ibnu (40) alias Mat, tega membunuh istrinya sendiri menggunakan bom bondet pada Rabu (28/11/2018). Kejadian itu dilakukannya di Jalan. Raya Buk Begal Desa Poh Gading Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan pukul 17.00 WIB. 

Mulanya, ketika korban pulang kerja ia diadang oleh pelaku. Kemudian dia dilempar peledak jenis bondet. "Yang mana mengenai bagian kepala korban dan korban meninggal di TKP. Untuk tersangka melarikan diri," kata Kabid Humas Polda Jatim saat itu, Kombes Frans Barung Mangera. Belakangan diketahui pembunuhan ini didasari motif dendam lantaran korban tak mau diajak rujuk.

Mat pun kemudian ditangkap dalam keadaan terluka akibat terkena bomnya sendiri. Sempat dibawa ke rumah sakit, ia kemudian meninggal dunia.

2. Warga Dusun Ketondo terkena luka bakar parah akibat bomnya sendiri

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanIlustrasi Bom Meledak (IDN Times/Mardya Shakti)

Kejadian bom makan tuan pernah terjadi di Dusun Ketondo Desa Karangjati Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Pemilik rumah bernama Sunjoko (41) mendapat luka bakar parah akibat ledakan bom racikannya pada Rabu (11/9/2019) pagi. Tak hanya tubuhnya yang terluka hebat, rumah miliknya pun hancur.

3. AS dilempari bom bondet oleh orang tak dikenal

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak hanya ledakan makan tuan, penggunaan bondet untuk melukai orang lain juga kerap digunakan di Pasuruan. Salah satunya menimpa warga berinisial AS pada Rabu (20/5/2020). Warga Dusun Karangnongko, Dandanggendis, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan ini mendapat luka akibat ledakan bondet yang dilempar oleh mantan menantunya.

Baca Juga: Ledakan di Pasuruan, Dua Orang Meninggal

4. Kepala keluarga di Desa Lemahbang meninggal akibat lemparan bom bondet

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanIlustrasi bom (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebuah keluarga di Desa Lemahbang, Kecamatan Pasrepan juga pernah menerima lemparan bom ikan dari orang yang tak dikenal pada Kamis (4/6/2020). Bom tersebut tiba-tiba dilemparkan ke dalam rumah mereka dan meledak. Akibatnya, sang kepala keluarga yaitu Murtado (27) tewas. Selain itu, istri dan anaknya mengalami luka-luka.

5. Maisaroh dikejar suami dan anaknya sendiri dengan bom bondet

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di Pasuruanilustrasi ledakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Peristiwa lebih pilu dialami oleh Maisaroh pada Minggu (15/11/2020) Desa Kedungpengaron, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Ia dikejar-kejar oleh dua lelaki yang belakangan diketahui merupakan suami dan anaknya sendiri sembari membawa bom ikan. Maisaroh masih beruntung lantaran berhasil bersembunyi dan selamat dari ledakan bondet. Sayangnya, seorang tetangga yang masih kerabat Maisaroh yaitu Musleh menjadi sasaran bapak-anak tersebut hingga meninggal dunia.

6. Abdulloh tewas akibat bom bondetnya sendiri

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanIlustrasi ledakan (vecteezy.com/Macrovector)

Di awal tahun ini, Abdulloh menderita luka bakar di wajah dan tangannya akibat bom bondet miliknya sendiri, Sabtu (16/1/2021). Rumah Abdulloh di Desa Kedungpengaron, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan pun hancur akibat ledakan tersebut. Beruntung, pada saat kejadian, orangtua dan istrinya tengah ke luar rumah sehingga tak turut menjadi korban.

7. Ramdani dipukul hingga meninggal dengan bom bondet

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kejadian memilukan dengan bom bondet menimpa seorang pemuda bernama M Ramdani (19), warga Desa Kalipang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan pada Senin (19/4/2021). Ia dipukul dengan bom bondet hingga meledak oleh orang tak dikenal saat duduk bersama kekasihnya di tepi danau sembari menikmati pemandangan. Akibat peristiwa tersebut, korban pun meninggal dunia.

8. Dua orang ditemukan tewas karena ledakan bom bondet

Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di PasuruanKondisi tempat kejadian perkara di Kabupaten Pasuruan setelah ledakan, Sabtu (11/9/2021). Dok. Polda Jatim

Yang terbaru terjadi pada Sabtu (11/9/2021). Sebuah ledakan hebat akibat bom bondet terjadi di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Ledakan itu pun menewaskan dua orang, yaitu H. Mat Sodiq dan Abdul Ghofar. Selain itu, dua rumah hancur dan belasan lainnya rusak.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan bahwa korban tewas adalah pemilik bom itu sendiri. "Bom biasa untuk jebatan nelayan, bom ikan," ujar Gatot saat dikonfirmasi IDN Times.

Adapun data korban luka antara lain:
1. Chusnul Ni'am Al Ghiffary, luka bengkak ibu jari kaki kanan, luka robek paha kiri dan betis.
2. Siti Khoiriyah, luka robek pada kepala dan dahi.
3. M. Imron, luka kiri pada betis kiri.
4. Rozak, luka robek pada kepala.
5. S (bayi enam bulan), luka pada kening dan hidung sobek.

Baca Juga: Sempat Ditangkap, Pembunuh Istri dengan Bom Bondet Ditemukan Tewas

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya