Libur Tahun Baru, KBS Siapkan Wahana dengan Protokol Kesehatan Ketat

Ada 80 personel Satgas Mandiri

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) kembali menyediakan layanan wisata bagi warga Kota Surabaya dan sekitarnya yang ingin menikmati momen tahun baru 2022. KBS dibuka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan COVID-19.

1. Berbagai wahana dan program tersedia untuk liburan tahun baru

Libur Tahun Baru, KBS Siapkan Wahana dengan Protokol Kesehatan KetatKondisi KBS selama long weekend, Oktober 2020. Dok. Humas KBS.

Humas PDTS KBS, Agus Supangkat menerangkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan momen libur tahun baru 2022 dengan berbagai program antara lain Wahana Tunggang Onta, Wahana Aquarium, Wahana Animal Edutainment, Wahana Kid Zoo, dan Wahana Wisata Air. Di KBS juga tersedia 2.159 satwa yang terdiri dari 215 jenis dari dalam maupun luar negeri.

"Untuk wahana Kolam renang anak belum dapat dinikmati pengunjung, karena dapat memicu kerumunan," ujarnya, Senin (27/12/2021).

2. KBS dibuka dengan protokol kesehatan

Libur Tahun Baru, KBS Siapkan Wahana dengan Protokol Kesehatan KetatPengunjung KBS melakukan scan barcode pedulilindungi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Untuk mencegah terjadinya klaster COVID-19 di KBS, Agus mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan. Salah satunya yaitu kewajiban memindai kode melalui aplikasi Peduli Lindungi atau menunjukkan bukti fisik sertifikan vaksin. Selain itu, pembelian tiket juga dilakukan sepenuhnya secara daring untuk menghindari kerumunan dan antrean.

"Pengunjung usia di atas 12 tahun wajib menerima vaksin (minimal dosis 1). Sedangkan untuk anak-anak dibawah 12 tahun diperbolehkan masuk (tanpa vaksin) asal wajib menggunakan masker dan taat protokol kesehatan yang lainnya. Suhu tubuh maksimal 37,5 derajat celsius," tambah Agus.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Curiga Ada Kesengajaan dalam Kematian Gajah KBS

3. Ada 80 personel Satgas Mandiri

Libur Tahun Baru, KBS Siapkan Wahana dengan Protokol Kesehatan KetatIDN Times/Reza Iqbal

KBS juga sudah menyiapkan 80 personal Tim Satgas Mandiri Kebun Binatang Surabaya yang akan berpatroli di titik-titik rawan kerumunan. Satgas ini akan memantau penerapan protokol kesehatan oleh para pengunjung dan langsung menegur di tempat jika ada yang melanggar.

"Agar pengunjung tetap ingat untuk melaksanakan protokol kesehatan dan tidak terjadi kerumunan sehingga tetap merasa nyaman," imbuhnya.

Tahun baru 2022 ini merupakan tahun baru kedua di tengah pandemik COVID-19. Sebelumnya, di tahun baru 2021, KBS mengalami penurunan yang sangat signifikan bahwa 13 kali lipat dibanding tahun-tahun sebelum pandemik. Pada tahun baru 2021, pengunjung KBS sebanyak 4.781 orang. Sedangkan di tahun baru 2020, pengunjung mencapai 63.567 orang.

"Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke KBS, pastikan dalam kondisi sehat. Jangan membawa barang bawaan berlebihan, tidak boleh membawa tikar, jangan lupa membawa perlengkapan saat hujan (payung/jas hujan), dan apabila diperlukan bisa membawa obat-obatan ringan," tutup Agus.

Baca Juga: Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes Langka

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya