Lebaran 2019, Pengunjung KBS Meningkat 20 persen

Gajah dan primata masih jadi primadona

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi tujuan warga Surabaya untuk menikmati libur lebaran. Pada lebaran tahun ini, jumlah pengunjung pun meningkat dibanding pada libur lebaran tahun 2018.

1. Pengunjung pada H lebaran meningkat dibanding tahun lalu

Lebaran 2019, Pengunjung KBS Meningkat 20 persenIDN Times/Fitria Madia

Kepala Seksi Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya Wini Hustiani menyebut pada hari H lebaran, Rabu (5/6) ada sekitar 5000 pengunjung KBS. Jumlah ini meningkat sekitar 20 persen dengan lebaran tahun lalu yaitu 4000 pengunjung.

 

"Tahun ini untuk hari H memang meningkat ya dibanding tahun lalu. Tahun lalu itu 4000. Kalau kemarin (Rabu) ada 5000 pengunjung," ujar Wini saat ditemui di KBS, Kamis (6/6).

2. Jumlah pengunjung kembali meningkat pada H2

Lebaran 2019, Pengunjung KBS Meningkat 20 persenIDN Times/Fitria Madia

Namun jumlah pengunjung KBS pada hari H lebaran masih kalah dengan H2 lebaran, Kamis (6/6). Hingga siang hari, telah ada 5000 pengunjung yang mendatangi KBS. Wini memperkirakan pengunjung pada H2 akan mencapai 9000 orang.

 

"Tadi dari pukul 09.00 WIB pengunjung sudah bergulir. Ramai yang datang. Untuk data pastinya berapa jumlah pengunjung saya baru bisa pastikan pukul 17.00 WIB nanti," jelasnya.

3. Puncak pengunjung pada H+2 lebaran

Lebaran 2019, Pengunjung KBS Meningkat 20 persenIDN Times/Fitria Madia

Jumlah pengunjung KBS masih akan terus bertambah hingga puncaknya pada Hari Raya Ketupat. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, Wini memperkirakan pengunjung KBS mengalami kepadatan pada Sabtu (8/6).

 

"Seharusnya sih besok tanggal 7. Tapi karena itu hari Jumat, karena hari pendek biasanya tidak bisa maksimal. Jadi perkiraan saya puncaknya hari Sabtu tanggal 8," jelasnya.

 

4. Gajah dan primata menjadi primadona

Lebaran 2019, Pengunjung KBS Meningkat 20 persenIDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, untuk wahana yang paling diminati oleh wisatawan adalah Breakfast with Elephant (BWE) dan Primata. Antrean memang terlihat di pintu masuk wahana tunggang gajah dan sekitar pulau kera.

 

"Karena kalau BWE itu paketan. Rp85 ribu sudah termasuk tunggang gajah, foto bersama satwa, dan menikmati breakfast makanan khas Suroboyo. Jadi banyak yang berminat," tuturnya.

5. Pengunjung ada yang berasal dari luar daerah

Lebaran 2019, Pengunjung KBS Meningkat 20 persenIDN Times/Fitria Madia

Pengunjung KBS pun tak hanya berasal dari warga Surabaya yang tidak mudik. Namun juga beberapa keluarga yang berasal dari luar daerah dan mudik di Surabaya. Salah satunya adalah Irwan beserta keluarganya. Irwan merupakan warga Jakarta Selatan yang memutuskan menikmati libur lebaran di KBS.

 

"Saya mau mengenang masa kecil dulu sering ke sini. Ini sekarang sambil bawa anak. Juga mau lihat saja, bandingin kebun binatang di sini sama di sana," ujarnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya